-->

Kamis, 04 November 2021

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #2 Seri Guru Merdeka Belajar

Artikel Sebelumnya:

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #1

 

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #2 Seri Guru Merdeka Belajar

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Konsep Merdeka Belajar #1, nah pada kesempatan kali ini kita bahas ringkasan materi Konsep Merdeka Belajar #2. Di bagian Konsep Merdeka Belajar ini ad 4 aktifitas yang harus kita kerjakan yaitu:

 

1.      Aktivitas 16: Bagaimana Ciri Guru Merdeka Belajar

2.      Aktivitas 17: Mengapa Kita Harus Menjadi Guru Merdeka Belajar

3.      Aktivitas 18: Refleksi Pribadi Merdeka Belajar

4.      Aktivitas 19: Refleksi dan Peryaaan Belajar Topik 3

 

Aktivitas 16: Bagaimana Ciri Guru Merdeka Belajar

Penelitian yang dilakukan Mojgan Karamooz dan Mehry Haddad Narafshan (2017) menjelaskan tentang hubungan self regulated dengan kelelahan emosi. Semakin kompleks beban guru hal ini mendorong kebutuhan untuk mengatur dirinya. Guru yang dapat mengatur dirinya mampu mengurangi dampak kelelahan emosi. 

 

Bagaimana guru memiliki kemampuan mengatur dirinya? Kuncinya adalah menjadi guru merdeka belajar. Berikut infografik yang dapat membantu Anda untuk mendapat pemahaman bagaimana ciri guru merdeka belajar?

 

Download Konsep Guru Merdeka Belajar.pdf 

 

Aktivitas 17: Mengapa Kita Harus Menjadi Guru Merdeka Belajar

Pada aktivitas ini kita akan mendengarkan atau menonton pentingnya menjadi guru merdeka belajar dari Bukik Setiawan, yang isinya kurang lebih seperti ini;

 

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #2 Seri Guru Merdeka Belajar



Source: https://www.youtube.com/watch?v=kHvHQcdhN_k

 
Aktivitas 18: Refleksi Pribadi Merdeka Belajar

Disini kita akan merefleksikan diri kita untuk mengukur apakah kita praktik di dalam kelas sela ini sudah sesuai dengan konsep merddeka belajar atau belm. Berikut terdapat beberapa pernyataan yang menunjukkan indikator merdeka belajar yaitu komitmen terhadap tujuan, mandiri terhadap cara dan melakukan refleksi. Silakan memberikan angka 1 jika sudah melakukan dan angka 0 jika belum melakukan pada indikator yang ada. Total skor dapat Anda cocokkan dengan kategori yang ada di bawah. Alat ukur ini bisa Anda gunakan kembali setelah mengikuti program dan telah menerapkan merdeka belajar di kelas. Dengan begitu, Anda bisa melihat perkembangan kompetensi Anda. Selamat melakukan refleksi!

Download Kuisioner Refleksi Pribadi Merdeka Belajar.pdf

Bagaimana hasilnya? Mari kita hitung bersama ya

 

12 – 15 : Wah, tercipta kelas merdeka belajar! Coba cek mana poin yang belum dilakukan di kelas dan bisa terus melakukan refleksi bersama murid. 

 

8 – 11: Bapak ibu sudah mempraktekkan merdeka belajar di kelas. Nah, coba cek mana indikator merdeka belajar yang sudah maksimal dan belum maksimal.

 

4 – 7 : Mungkin masih ada yang sulit dilakukan. Tidak apa-apa bapak ibu mari kita lihat lagi indikator mana yang paling mudah dilakukan. 

 

0 – 3 :  Tidak perlu bersedih hati ya bapak ibu. Yuk kita mulai mempraktikan satu praktik merdeka belajar di kelas!

 

Aktivitas 19: Refleksi dan Peryaaan Belajar Topik 3           

Dibagian ini kita telah dianggap telah menyelesaikan materi pada topik Konsep Guru Merdeka Belajar.

 

Demikianlah “Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #2 Seri Guru Merdeka Belajar” mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.

 

Artikel selanjutnya:

Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar

 

 
close