Contoh Format Penilaian Sikap Pada Pembelajaran Di Kelas

Contoh penilaian sikap melalui observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

 

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

 

 

BS

JJ

TJ

DS

 

 

 

1

75

75

50

75

275

68,75

C

2

...

...

...

...

...

...

...

 

Keterangan :

·         BS : Bekerja Sama

·         JJ : Jujur

·         TJ : Tanggun Jawab

·         DS : Disiplin

 

Catatan :

1.      Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75= Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2.      Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3.      Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4.      Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00   = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00     = Baik (B)

25,01 – 50,00     = Cukup (C)

00,00 –  25,00    = Kurang (K)

5.      Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

Contoh penilaian sikap melalui penilaian diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

 

Nama                           : ……

Kelas                           : ……

Tanggal Penilaian Diri  : ……

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 

Catatan :

1.    Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

 

2.    Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3.    Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4.    Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00       = Baik (B)

25,01 – 50,00       = Cukup (C)

00,00 –  25,00      = Kurang (K)

5.    Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

 

Contoh penilaian sikap melalui penilaian teman sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

Nama yang diamati      : ...

Pengamat                     : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

450

90

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

 

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

 

5

...

 

50

 

Catatan :

1.    Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2.    Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3.    Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4.    Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00     = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00       = Baik (B)

25,01 – 50,00       = Cukup (C)

00,00 –  25,00      = Kurang (K)


Baca Juga: Tabel Rencana Evaluasi Sikap dan Sosial, Pengetahuan dan Keterampilan
Lebih baru Lebih lama