Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

Artikel Sebelumnya:

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #2 Seri Guru Merdeka Belajar

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Konsep Merdeka Belajar #2, nah pada kesempatan kali ini kita bahas ringkasan materi Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar. Di bagian Konsep Merdeka Belajar ini ad 5 aktivfitas yang harus kita kerjakan yaitu:

1.      Aktivitas 20: Mendengar Pengalaman Guru Merdeka Belajar

2.      Aktivitas 21: Grafik Perkembangan Guru Merdeka Belajar

3.      Aktivitas 22: Diskusi Guru Merdeka Belajar

4.      Aktivitas 23: Refleksi Pribadi Guru Merdeka Belajar

5.      Aktivitas 24: Refleksi dan Perayaan Belajar Topik 4

Aktivitas 20: Mendengar Pengalaman Guru Merdeka Belajar

Pada aktifitas ini kita akan menonton pengalaman Guru Ameliasari dari Komunitas Guru Belajar Salatiga. Beberapa point yang kami dapat himpun dari video tersebut adalah;

1.      Belajar itu harus kontekstual,

2.      Belajar itu harus menyenangkan, 

3.      Belajar sambil bermain, dan

4.      Berusaha memahami karakter anak-anak.

Source video: https://youtu.be/3pp4kDSctaA

Aktivitas 21: Grafik Perkembangan Guru Merdeka Belajar

Anda telah menonton kisah Guru Amel yang mencerminkan ciri guru belajar. Menurut Anda, apa perbedaan Guru Amel Zaman Dulu dan Guru Amel Zaman Now yang terlihat dari video Guru Belajar? Guna memudahkan Anda dalam melihat perbedaannya, berikut terdapat grafik perubahan Guru Amel Zaman Dulu dan Guru Amel Zaman Now. Anda dapat mencermati grafik yang telah tersedia.

Download Grafik Perkembangan Guru.pdf

Dalam grafik terdapat titik a sampai j yang menggambarkan perkembangan belajar Bu Amel. Secara visual bagaimana perkembangan belajar Bu Amel? Coba perhatikan dari titik A sampai titik E terjadi kenaikan grafik, sedangkan pada titik E ke titik D terjadi penurunan. Perhatikan titik titik pada grafik dan hubungkan dengan informasi pada infografik kedua tentang proses belajar Bu Amel.

Aktivitas 22: Diskusi Guru Merdeka Belajar

Bagaimana proses belajar Guru Amel? Apa saja yang membantu Guru Amel dalam proses belajarnya?

Pertanyaan ini akan lebih menarik jika didiskusikan bersama guru merdeka belajar lain. Setiap peserta pasti memiliki sudut pandang berbeda. Bagikan hasil analisa Anda, berikan umpan balik kepada peserta lain, diskusikan bersama dan rumuskan poin-poin penting dalam proses belajar seorang guru merdeka belajar. 

Mari bergabung, diskusi bersama guru merdeka Mari bergabung ke kanal telegram merdeka belajar pada link berikut ini https://t.me/joinchat/Ux2xFs5Z6r0oONd_ dan diskusi bersama guru merdeka belajar yang lain dengan klik tautan berikut ini https://t.me/c/1394454806/24

Aktivitas 23: Refleksi Pribadi Guru Merdeka Belajar

Disini kita akan mendengarkan Pengalaman Guru Iwan yang bertugas di SMP YP 17 Nagerg. Menghadapi pandemi di mana sekolah mengharuskan pembelajaran jarak jauh (PJJ), Guru Iwan berusaha agar murid tetap mengalami pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan informasi yang didapat dari buku. Dengan perubahan cara pendekatan kepada murid, Guru Iwan berhasil menjadikan murid tetap merdeka belajar saat PJJ.

Berikut ini point yang bisa kami himpun dari video tersebut;

1.      Belajar secara kontekstual di lingkungan hidup peserta didik,

2.      Merefleksikan diri dengan pengalamn-pengalaman baru,

Source Video: https://youtu.be/ZzaRM6N4rHo

Aktivitas 24: Refleksi dan Perayaan Belajar Topik 4

Dibagian ini Anda telah mempelajari seluruh materi pada topik Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar. Anda sekarang memiliki 4 lencana.

Demikian artikel tentang Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar”. Mudah-mudahan bermanfaat terimakasih.

Artikel selanjutnya: Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

Lebih baru Lebih lama