-->

Rabu, 03 November 2021

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #1 Seri Guru Merdeka Belajar

Artikel Sebelumnya: Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Tujuan Pendidikan dan Miskonsepsi Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

 

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #1

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Tujuan Pendidikan dan Miskonsepsi Belajar, nah pada kesempatan kali ini kita bahas ringkasan materi, soal dan jawaban kuis konsep merdeka belajar. Di bagian Konsep Merdeka Belajar ini ad 6 aktifitas yang harus kita kerjakan yaitu:

 

1.      Aktivitas 10: Merefleksikan Filosofi Ki Hajar Dewantara

2.      Aktivitas 11: Kaitan Filosofi Pendidikan KHD dengan Merdeka Belajar

3.      Aktivitas 12: Murid Merdeka Belajar

4.      Aktivitas 13: Memahami Konsep Merdeka Belajar

5.      Aktivitas 14: Kuis Pemahaman Merdeka Belajar

6.      Aktivitas 15: Refleksi dan Perayaan Belajar Topik 2 

 

Aktivitas 10: Merefleksikan Filosofi Ki Hajar Dewantara

Pada aktifitas ini kita mempelajari apa itu merdeka belajar menurut Ki Hajar Dewantara yang didalamnya ada kutipan dalam peringatan Tamn Siswa Ki Hajar Dewantara mencetuskan semangat merdeka dalam buku Peringatan Taman Siswa 30 tahun yaitu:

“...kemerdekaan hendaknya dikenakan terhadap caranya anak-anak berpiir, yaitu jangan selalu “dipelopori”, atau disuruh mengakui buah pikiran orang lain.”

 

Merdeka Menurut Ki Hajar Dewantara

“Mardiika iku jawarnya, nora mung lepasing pangreh; nging uga kuwat kuwasa amandiri pringga” “Merdeka tidak hanya terlepas dari perintah; akan tetapi juga cakap kuat memerintah diri sendiri”

“Ki Hadjar Dewantara”

 

Dalam ajaran Ki Hadjar Dewantara, kemerdekaan dalam pendidikan berarti :

(a)     tidak hidup terperintah;

(b)    berdiri tegak karena kekuatan sendiri;

(c)     cakap mengatur hidupnya dengan tertib. Tidak hidup terperintah berarti seseorang bisa menentukan sendiri arah tujuannya, memerintah diri sendiri.

Poin kedua menekankan pada kemandirian seseorang, mencapai tujuan dengan daya upaya sendiri. Poin ketiga menekankan pada keterampilan mengatur hidup secara tertib.

 

Ki Hajar Dewantara menjelaskan tujuan pendidikan dalam bukunya Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka seri Pendidikan, beliau menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.

 

Dalam proses “menuntun”, anak diberi kebebasan namun pendidik sebagai ‘pamong’ dalam memberi tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Seorang ‘pamong’ dapat memberikan ‘tuntunan’ agar anak dapat menemukan kemerdekaannya dalam belajar.

 

Download Materi Merdeka Menurut Ki Hajar Dewantara.pdf

 

Aktivitas 11: Kaitan Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Merdeka Belajar

Dalam aktifitas ini kita akan belajar kaitannya filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Merdeka Belajar, berikut dibawah ini materinya

Download Materi Ki Hajar Dewantara dan Merdeka Belajar

 

Aktivitas 12: Murid Merdeka Belajar

Berikut ini adalah contoh praktik baik guru, yaitu;

1.     Menentukan Tujuan

2.     Mandiri Terhadap Cara

3.     Melakukan Refleksi

Untuk materi lengkapnya bisa di pelajari dibawah ini

Download Materi Praktik Baik Merdeka Belajar

 

Aktivitas 13: Memahami Konsep Merdeka Belajar

Disini kita akan mempelajari tentang bagaimana kita siap mendidik anak-anak sesuai dengan pendidikan Abad ke-21, Apa itu Merdeka Belajar? Mengapa merdeka Belajar?, Bagaimana menerapkan Merdeka Belajar?

 

Berikut materi lengkapnya dibawah ini,

Download Materi Konsep Merdeka Belajar

 

Aktivitas 14: Kuis Pemahaman Merdeka Belajar

Didalam aktifitas ini ada beberapa pernyataan, kita diminta untuk memberi pernyataan setuju atau tidak setuju pada pernyataan tersebut. Berikut ini adalah Soal dan Jawaban Kuis Pemahaman Merdeka Belajar.

1.        Melibatkan murid  dalam penentuan tujuan merupakan praktik Merdeka Belajar

o   Setuju

o   Tidak Setuju

 

2.        Pelajar mempunyai kebutuhan dan minat belajar yang sama

o   Setuju

o   Tidak Setuju

 

3.        Penilaian belajar sepenuhnya wewenang pengajar

o   Setuju

o   Tidak Setuju

 

4.        Dalam konsep filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, peran pendidik mendorong anak sesuai dengan kodrat yang telah ditetapkan

o   Setuju

o   Tidak Setuju

 

5.        Siklus merdeka belajar yaitu komitmen terhadap tujuan belajar, mandiri terhadap cara dan dan melakukan refleksi belajar

o   Setuju

o   Tidak Setuju

 

Aktivitas 15: Refleksi dan Perayaan Belajar Topik 2

Disini adalah bagian akhir dari Merefleksikan Filosofi Ki Hajar Dewantara disini kita akan mendapatkan lencana karen atelah menyelesaikan topik ini.

 

Demikianlah riingkasan materi, soal dan jawaban kuis pada Topik Konsep Merdeka Belajar, mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.


 
close