Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Asesmen Penutup Program Seri Guru Merdeka Belajar

Artikel Sebelumnya: Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Asesmen Penutup Program Seri Guru Merdeka Belajar

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar, nah pada kesempatan kali ini kita bahas ringkasan materi Asesmen Penutup Program Seri Guru Merdeka Belajar. Di bagian Konsep Merdeka Belajar ini ada 3 aktivfitas yang harus kita kerjakan yaitu:

1.   Aktivitas 29: Rencana Belajar Pasca Pelatihan

2.   Aktivitas 30: Asesmen Pasca

3.   Aktivitas 31: Ayo Membangun Kelas Merdeka Belajar!

Aktivitas 29: Rencana Belajar Pasca Pelatihan

Pada sesi ini, ceritakan perjalanan Anda mengajar dulu sebelum mengikuti sesi Guru Merdeka Belajar dan rencana Anda setelah selesai mengikuti sesi ini dari hasil kerja di aktivitas sebelumnya. Berikut terdapat Kanvas Guru Merdeka Belajar. Apa itu Kanvas Guru Merdeka Belajar? Kanvas adalah suatu kerangka kerja dalam bentuk visual yang dapat membantu kita mempresentasikan rencana atau tujuan. Tujuan kanvas guru merdeka belajar untuk membantu pendidik merancang strategi ke depan bagaimana rencana pribadi untuk menjadi guru merdeka belajar. Dalam kanvas ini terdapat sejumlah kotak dengan petunjuk bagaimana cara mengisi dan panah yang membantu Anda untuk mengaitkan satu kotak dengan kotak lain.

Download Kanvas Refleksi Guru Merdeka Belajar

Dalam kanvas ini terdapat dua bagian, yaitu keadaan dulu dan keadaan sekarang. Bagian miskonsepsi adalah hasil refleksi Anda terhadap konsep belajar, pembelajaran dan pengembangan diri Anda di masa lalu. Sedangkan bagian sebelah kanan adalah rencana belajar, rencana perubahan pembelajaran dan rencana pengembangan diri. Isilah rencana sesuai dengan kondisi Anda dan hal yang paling mungkin Anda lakukan.

Untuk mengerjakan kanvas Merdeka Belajar Anda bisa membuat sendiri atau mencetak dari dokumen yang tersedia. Kanvas Merdeka Belajar ini juga bisa Anda simpan sendiri sebagai rencana kerja ke depan atau Anda bagikan ke sosial media (Facebook atau Instagram).

Pilihan di tangan Anda!

Jika Anda ingin membagikan ke sosial media dan mengajak lebih banyak guru untuk melakukan perubahan pendidikan menjadi Guru Merdeka Belajar bagaimana langkahnya?

1.     Unduh kanvas Guru Merdeka Belajar

2.     Isi kanvas Guru Merdeka Belajar

3.     Foto diri Anda beserta kanvas Guru Merdeka Belajar

4.     Unggah di sosial media (Facebook atau Instagram)

5.     Ceritakan kesan dan pengalaman menarik Anda ketika mengikuti Seri Guru Belajar dan Berbagi Guru Merdeka Belajar

6.     Gunakan tagar #GuruBelajarMerdekaBelajar #RefleksiGuruMerdekaBelajar. Perhatikan penulisannya, jika huruf dan spasi tidak sama, maka tidak akan terdeteksi di tagar (hastag) tersebut.

7.     Mention/tag 3 teman untuk diajak ikut program Guru Belajar & Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar.

Setelah menyelesaikan modul ini, silakan bergabung di grup Merdeka Belajar dengan klik tautan berikut ini https://t.me/c/1394454806/23 akan diadakan sesi diskusi dan konsultasi bersama narasumber dan pelatih.

Aktivitas 30: Asesmen Pasca

Simak pertanyaan dan jawaban asesmen pasca penutup program guru merdeka belajar dibawah ini;

1.     Apa cara belajar guru yang keliru?

o   Menunggu instruksi dinas pendidikan

o   Mencari dan mencoba sendiri di kelas

o   Menyisihkan gaji untuk membeli buku

o   Bertanya pada teman guru yang lain

2.     Apa ukuran keberhasilan seorang guru merdeka belajar?

o   Murid menjadi juara olimpiade

o   Murid bisa memberi kontribusi

o   Murid lulus dengan nilai terbaik

o   Murid mengalahkan murid lain

3.     Apa makna yang paling menggambarkan merdeka belajar?

o   Belajar itu menyenangkan

o   Belajar itu melibatkan

o   Belajar itu kewajiban

o   Belajar itu kebutuhan

4.     Apa pepatah yang paling sesuai dengan semangat merdeka belajar?

o   Guru itu digugu dan ditiru

o   Semua murid semua guru

o   Guru kencing berdiri, murid kencing berlari

o   Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa

5.     Apa pendapat yang keliru tentang merdeka belajar?

o   Komitmen pada tujuan adalah elemen merdeka belajar

o   Keterlibatan murid merupakan kunci merdeka belajar

o   Merdeka belajar membuat murid menentukan pilihan

o   Kebebasan murid menjadi syarat merdeka belajar

6.     Apa makna guru merdeka belajar?

o   Guru mengatur sendiri tujuan, cara dan penilaian belajarnya

o   Guru bebas menentukan kapan waktu belajar yang tepat

o   Guru bebas belajar apa saja, di mana saja dan dengan siapa saja

o   Guru mengatur sendiri proses belajar sesuai kemauannya

7.     Bagaimana cara yang efektif bagi guru merdeka belajar melakukan perubahan pendidikan?

o   Mengajukan nama menteri pendidikan yang tepat

o   Melakukan demonstrasi perubahan pendidikan

o   Menjadi kepala dinas pendidikan di daerahnya

o   Melakukan perubahan praktik pengajaran

8.     Apa kondisi pendidikan yang diresahkan guru merdeka belajar?

o   Para murid yang belum merdeka belajar

o   Orangtua yang tidak mau bekerjasama

o   Sarana dan kondisi fisik di sekolahnya

o   Dampak negatif perkembangan teknologi

9.     Manakah dorongan yang tepat bagi guru merdeka belajar mengikuti pelatihan guru?

o   Narasumber pelatihan sudah terkenal

o   Mendapat sertifikat untuk naik pangkat

o   Janji menawarkan solusi mudah dan cepat

o   Topiknya sesuai kebutuhan guru belajar

10.  Apa yang menjadi penghambat utama guru belajar?

 

o   Pekerjaan guru yang bertumpuk banyak

o   Tidak ada dari dukungan kepala sekolah

o   Tidak ada dana pengembangan buat guru

o   Belajar hanya menambah beban bagi guru

11.  Mana cara yang sesuai dengan konsep merdeka belajar untuk membuat guru mengubah praktik pengajarannya?

o   Memberi insentif yang besar untuk semua guru yang bertugas

o   Memberi surat tugas bagi guru untuk melakukan perubahan

o   Memberi hukuman/sanksi bagi guru yang menolak perubahan

o   Mengembangkan komunitas guru untuk melakukan perubahan

12.  Bagaimana proses belajar bagi seorang guru merdeka belajar?

o   Penunjukkan, pelatihan, penerapan, pencapaian

o   Mencari cara, mencoba, gagal sebelum berhasil

o   Pelatihan, mempraktikkan hasil pelatihan, berhasil

o   Belajar dari teman, praktik dan berhasil

13.  Siapa narasumber terdekat bagi guru merdeka belajar untuk memperbaiki dan mengembangkan strategi pengajaran?

o   Ahli pendidikan dari kampus ternama

o   Guru yang telah terbukti berhasil

o   Pejabat dari dinas pendidikan daerah

o   Peneliti yang lengkap data penelitiannya

14.  Bagaimana cara belajar yang efektif dalam pelatihan guru?

o   Ceramah yang panjang dengan presentasi yang lengkap

o   Banyak kegiatan dan permainan yang menyenangkan bagi guru

o   Guru bisa mencoba, mendapat umpan balik dan memperbaiki

o   Cara apa pun yang penting dilakukan pelatih dari ahli atau ternama

15.  Bagaimana relasi antar guru yang mendukung pengembangan guru merdeka belajar?

o   Persaingan antar guru yang menjadi sumber motivasi

o   Setiap guru fokus pada tanggung jawabnya sendiri

o   Pengakuan terbuka terhadap guru paling berprestasi

o   Kolaborasi antar guru untuk mengembangkan diri

16.  Apa yang dilakukan guru merdeka belajar ketika ditugaskan di sekolah yang kondisinya buruk?

o   Menyampaikan pengaduan ke dinas pendidikan

o   Mempengaruhi rekan guru untuk berubah

o   Menyampaikan keluhan pada rekan guru

o   Melakukan protes ke media massa

17.  Apa arti berbagi praktik pengajaran bagi guru merdeka belajar?

o   Merugikan karena membuat guru lain menjadi guru berprestasi

o   Menambah beban pekerjaan guru yang sudah sangat banyak

o   Saling belajar dan mendukung untuk perubahan pendidikan

o   Sangat membantu guru untuk meringankan beban pekerjaan

18.  Apa ukuran guru berprestasi?

o   Jumlah kemenangan di perlombaan

o   Jumlah piala yang berhasil diraih murid

o   Tanda jasa berprestasi dari pemerintah

o   Jumlah karya yang dihasilkan oleh guru

19.  Siapa penanggung jawab pengembangan karier guru merdeka belajar?

o   Kepala sekolah dan pengawas

o   Guru itu sendiri

o   Dinas pendidikan daerah

o   Menteri pendidikan

20.  Apa makna karier bagi seorang guru merdeka belajar?

o   Menjadi kepala sekolah

o   Berkarya dan berkontribusi

o   Mendapat tunjangan tambahan

o   Meluluskan banyak murid

Aktivitas 27: Ayo Membangun Kelas Merdeka Belajar!

Disini diakhiri dengan ditawari beberapa program untuk membangun Kelas Merdeka Belajar, yaitu;

1.     Kesepakatan Kelas Merdeka Belajar

2.     Merancang RPP Merdeka Belajar

3.     Asesmen Formatif Merdeka Belajar

4.     Pembelajaran Merdeka Belajar berbasis Kompetensi

Demikianlah

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Asesmen Penutup Program Seri Guru Merdeka Belajar. Dan kita sudah berada di penghujung program Seri Guru Merdeka Belajar. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.

Bagi yang ingin melihat artikel-artikel terkait program ini silahkan mengunjungi artikel-artikel dibawah ini;

1.     Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Asesmen Pra Program Guru Merdeka Belajar

2.     Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Tujuan Pendidikan dan Miskonsepsi Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

3.     Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #1 Seri Guru Merdeka Belajar

4.     Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Konsep Merdeka Belajar #2 Seri Guru Merdeka Belajar

5.     Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

6.     Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Kuis Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

 

Lebih baru Lebih lama