Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar
yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri
dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar
yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik
pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup
keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan
konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah
serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam
konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi
literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk
mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.
Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami,
menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk
mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan
untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan
alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis
konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan
dunia.
Selain Literasi dan Numerasi ada yang dinamakan survei karakter, Survey
Karakter merupakan instrumen yang difokuskan untuk mengukur hasil belajar
emosional siswa selama menjalani proses belajar mengajar. Hasil belajar
emosional tersebut mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Karakter yang
dimaksud berkaitan dengan sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaaan murid.
Penilaian ini dapat memberikan informasi terkait kesiapan siswa dalam
menghadapi kompetensi global dengan membawa karakter yang baik dan
berprilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Adapun indikator karakter yang diukur adalah:
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
2. Berkebhinekaan Global
3. Bergotong royong
4. Bernalar kritis
5. Mandiri
6. Kreatif
. Berikut ini adalah contoh soal AKM survei Karakter Peserta Didik dengan
jawaban.
CONTOH SURVEI KARAKTER PESERTA DIDIK
1. Alat peraga digunakan untuk memahami materi pelajaran. Alat peraga apa yang
dapat kamu temukan di sekolah?
Berilah tanda centang (√) pada kotak yang disediakan. Pilihlah beberapa
jawaban sesuai kondisi di sekolahmu.
Alat peraga olahraga
Balok kayu
Grafik
Torso
Diagram
Tabel
eta/globe
2. Apakah kamu melaksanakan pembelajaran jarak jauh? Berilah tanda (√) pada
kota yang disediakan.
Tidak, sekolah masih masuk seperti biasa
Ya, sebagian dari rumah sebagian di sekolah
Ya, sepenuhnya dilakukan dari rumah
3. Fasilitas belajar merupakan faktor penunjang keberhasilan dalam belajar.
Fasilitas belajar apa saja yang kamu temukan rumah dan sekolah?
Berilah tanda (√) pada kotak didepan pilihan jawabanmu.
Penyejuk udara (Air Conditioner)
LCD proyektor
Lemari
Kursi
Meja
Alat tulis
Papan tulis white board
Papan tulis hitam
4. Apakah kegiatan sekolah berikut pernah kamu lakukan?
Berilah tanda (√) sesuai dengan pengalamanmu. Kamu dapat memilih jawaban
lebih dari satu.
Penerapan gerakan cuci tangan pakai sabun
pelaksaan piket kelas secara beregu
Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
Saling membantu antarwarga sekolah
Pengenalan keunikan potensi daerah asal
Upacara bendera setiap hari Senin
Perayaan hari besar nasional atau keagamaan
Pelaksanaan beribadah Bersama
5. Perhatikan protokol pencegahan Covid-19 berikut.
Jodohkan pernyataan tabel A dengan jawaban yang terdapat pada tabel B. Jawablah dengan memberikan tanda panah.
A | |
---|---|
Mencuci tangan menggunakan .....dengan air mengalir | |
Menggunakan .... Ketika keluar rumah | |
Menerapkan etika batuk/bersin dengan menutup menggunakan .... | |
Menghindari .... | |
Menjaga .... ketika berinteraksi dengan orang lain | |
B | |
Kerumunan | |
Jarak | |
Sabun | |
Lengan atas | |
Masker |
6. Apa saja tempat ibadah yang terdapat di sekolahmu? (Tandai semua yang
sesuai dengan tanda centang (√) )
Tempat ibadah untuk agama Konghucu
Tempat ibadah untuk agama Budha
Tempat ibadah untuk agama Hindu
Tempat ibadah untuk agama Islam
Tempat ibadah untuk agama Katolik
Tempat ibadah untuk agama Kristen
7. Kegiatan minat dan bakat yang kamu ikuti di sekolah dilaksanakan ... kali
seminggu.
8. Apa saja organisasi minat dan bakat yang terdapat di sekolahmu?
Boleh memberikan tanda centang (√) lebih dari satu jawaban sesuai kondisi
di sekolah. ◻ Pramuka
Dokter kecil
Peraturan baris-berbaris (PBB)
Klub baca
Olahraga ...
Musik ...
Kesenian ...
Lainnya
9. Ketika Bapak/Ibu Guru mengelar kuis berkelompok untuk menyampaikan
materi, apakah kamu mudah memahaminya?
Pilihlah salah satu jawaban.
Sangat mudah dipahami
Mudah dipahami
Cukup sulit dipahami
Sulit dipahami
10. Seberapa sering Bapak/Ibu Guru wali kelas memberi motivasi tentang
semangat belajar? ◻ Seminggu sekali
Seminggu dua kali
Tiga hari sekali
Dua hari sekali
Setiap hari
11. Selama pembelajaran di kelas bagaimana sikap guru dalam menyampaikan
materi? Berilah tanda (√) pada salah satu jawaban.
Menyampaikan pelajaran sambil duduk
Menyampaikan pelajaran dengan santi dan rileks
Menyampaikan pelajaran dan memberi motivasi belajar
Menyampaikan pelajaran dengan santai
12. Di tengah pandemi Covid-19 kita seharusnya selalu memperhatikan protokol
kesehatan. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus
Covid-19. Upaya-upaya apa yangtelah dilakukan untuk mencegah penyebaran
Covid-19 di sekolahmu?
Jodohkan poin-poin pada kolom A dengan poin-poin kolom B. Selanjutnya,
berilah tanda centang (√) pada kotak di kolom A untuk kegiatan yang telah
dilakukan.
Kelompok B | ||
---|---|---|
1. | | Menerapkan sistem jaga jarak |
2. | | Mencuci kedua tangan |
3. | | Melakukan olahraga secara rutin |
4. | | Masker |
5. | | Membawa bekal makanan dari rumah |
13. Apakah kamu memiliki fasilitas belajar di rumah?
Ya ➜ Fasilitas belajar yang saya miliki di rumah: ....
Tidak
14. Isilah beberapa point berikut.
a. Lapangan olahraga
Ketersediaan |
Kondisi |
||
Ada |
|
Bersih |
|
Tidak Ada |
|
Kotor |
|
b. Toilet/MCK
Ketersediaan |
Kondisi |
||
Ada |
|
Bersih |
|
Tidak Ada |
|
Kotor |
|
c. Listrik
Ketersediaan |
Kondisi |
||
Ada |
|
Mudah diakses |
|
Tidak Ada |
|
Sulit diakses |
|
d. Pagar sekolah
Ketersediaan |
Kondisi |
||
Ada |
|
Bersih |
|
Tidak Ada |
|
Kotor |
|
e. Bangunan ruang kelas
Ketersediaan |
Kondisi |
||
Luas |
|
Sangat bersih |
|
Kurang luas |
|
Cukup bersih |
|
Sangat sempit |
|
Kotor |
|
f. Air bersih
Tidak ada
Ada tetapi kurang
Ada dan cukup
Ada dan melimpah
15. Apa pendidikan terakhir dan profesi orang tuamu? Isilah kolom
berikut!
Pendidikan terakhir |
|||
Ayah |
Ibu |
||
|
SD |
|
SD |
|
SMP |
|
SMP |
|
SMA/SMK |
|
SMA/SMK |
|
S1 |
|
S1 |
|
S2 |
|
S2 |
|
….. |
|
….. |
Pendidikan terakhir |
|
Ayah |
Ibu |
……………………………….. |
……………………………….. |
16. Tandailah pernyataan yang sesuai dengan kondisi UKS yang ada di sekolahmu
dengan memberikan tanda (√) pada kolom Ya atau Tidak.
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
Sekolah memiliki ruang UKS |
|
|
Ruang UKS terawat dengan baik |
|
|
UKS memiliki obat P3K yang memadai |
|
|
UKS menyediakan tempat tidur |
|
|
UKS memiliki alat medis yang memadai (thermometer, tensimeter,
timbangan berat badan) |
|
|
Terdapat guru yang bertugas menjaga UKS |
|
|
17. Adakah peraturan untuk menjaga keamanan di sekolahmu?
Ada
Tida ada
18. Bagaimana kondisi perpustakaan sekolahmu? Tandai semua yang sesuai dengan
tanda centang (√)
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
Sekolah memiliki ruang perpustakaan |
|
|
Kondisi perpustakaan terawat dengan baik |
|
|
Perpustakaan dibuka selama hari sekolah |
|
|
Terdapat tempat untuk membaca di perpustakaan |
|
|
Buku-buku di perpustakaan terawat dengan baik |
|
|
Buku-buku dapat dipinjam peserta didik |
|
|
at guru yang mengurusi perpustakaan |
|
|
19. Kegiatan minat dan bakat yang kamu ikuti di sekolah dilaksanakan ... kali
selama seminggu.
20. Berapa kali kamu ke perpustakaan? Tandai yang sesuai dengan tanda centang
(√)
Lebih dari 2 kali seminggu
2 kali seminggu
1 kali seminggu
Jarang/tidak tentu
Tidak pernah ke perpustakaan
21. Kamu memiliki seorang teman yang berlainan keyakinan dengan kamu, suatu
ketika kamu diundang olehnya untk menghadiri acara respsi
perkawinannya.
Tindakan yang kamu lakukan adalah ....
A. tidak datang menghadirinya
B. menolak dengan cara halus bahwa kamu ada acara lain
C. memenuhi undangannya
D. mengucapkan selamat melalui telpon
Kunci Jawaban C
Karena resepsi pernikahan hanyalah acara seremonial tidak ada sangkut
pautnya dengan ibadah agama masing-masing, sesama penganut agama saling
toleransi dan bekerjasama selama tidak menyangkut proses ritual keagamaan.
Sesuai prinsip Pancasila terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa.
22. Pak Dedi punya sebidang tanah yang dekat dengan perkampungan penduduk,
pak Dedi memanfaatkan tanahnya dengan memelihara ayam potong. Namun bau
kotoran dari kandang pak Dedi mengganggu warga di kampung tersebut. Warga
melakukan protes karena pencemaran udara. Tindakan yang harus dilakukan
oleh Pak Dedi adalah ....
A. bermusyawarah dengan warga kampung untuk menyelesaikan
permasalahan
B. menimbun kotoran ayamnya setiap hari
C. memindahkan kandang ayamnya ke kandang kolektif
D. memberi biaya ganti rugi setiap bulan terhadap warga yang terdampak
E. menempuh jalur hukum karena dia merasa bebas melakukan apapun di atas
tanahnya
Kunci Jawaban A
Karena menyelesaikan permasalahan diutamakan dengan musyawarah untuk
mufakat sebagai jalan keluar terbaik. Peinsip Pancasila terutama Sila
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan.
23. Pincen adalah warga Desa Sukarmaju, pada saat pemilihan kepala desa,
Pincen melakukan serangan fajar dalam bentuk membagi-bagikan uang dan
sembako agar warga menjatuhkan pilihan terhadap dirinya sebagai kepala
desa. Ternyata setelah diadakan penghitungan suara, Pincen memeroleh suara
mayoritas. Kamu mengetahui bahwa Pincen berbuat tidak jujur dalam meraih
kemenangan. Bagaimana sebaiknya tindakan kamu untuk melawan ketidakadilan
tersebut?
A. acuh tak acuh karena kamu tidak dirugikan karena bukan kontestan
B. melapor kepada aparat penegak hukum dan pengawas pemilihan dengan bukti
yang kuat
C. diam saja karena warga kampungmu semua kebagaian uang takutnya kamu jadi
sasaran kemarahan warga
D. memberi tahu kontestan lain yang dirugikan
E. mendatangi Pincen kalau aksinya ada yang mengetahuinya dan meminta uang
diam kalau mau selamat
Kunci Jawaban B
Karena politik uang dilarang, melaporkan harus disertai dengan bukti yang
sangat kuat agar tidak menjadi fitnah.
24. Si A adalah seorang warga negara yang tidak bertanggung jawab karena
tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum. Si A lebih parah lagi
dengan mengajak teman akrabnya Si B untuk golput.
Apa yang harus si B lakukan atas ajakan Si A tersebut?
A. Si B mengikuti ajakan Si A karena tidak kuasa menolak kawan akrabnya demi
teman
B. Si B mengikuti ajakan Si A karena ada bayarannya
C. Si B mengikuti ajakan si A karena takut kehilangan teman akrabnya
D. Si B menolak ajakan si A karena salahsatu kontestan adalah idolanya yang
sangat dia kagumi yng selama ini banyak membantu kehidupan masyarakat
E. Si B menolak karena salah satu kontestan adalah dari keluarganya
Kunci Jawaban D
Karena berdasarkan keyakinan suara hati nuraninya demi kepentingan orang
banyak tanpa memandang keluarga, teman, uang atau anti KKN, Si B
mendahulukan kepentingan bangsa dan negara, bersikap nasionalisme,
integritas.
25. Pak Ahmad adalah seorang guru yang berkepribadian baik dan selalu
berinovasi dalam memajukan sekolahnya sehingg murid selalu menanti
kehadiran pak Ahmad baik di Sekolah apalagi di depan kelas. Namun malang
tidak bisa ditolak, pak Ahmad tiba-tiba dipindah tugaskan ke sekolah yang
kurang maju.
Apa yang seharusnya dilakukan Pak Ahmad? Adalah ....
A. menerima dengan alasan yang masuk akal
B. menolak karena merasa masih dibutuhkan di tempat semula
C. menerima dengan lapang dada karena pindah adalah hal yang biasa
D. menerima dengan penuh tanggungjawab
E. menolak karena sudah menjelang pensiun sebagai guru
Kunci Jawaban D
Pak Ahmad medahulukan kepentingan bangsa dan negara karena di sekolah
manapun sama saja justru Pak Ahmad dapat menyumbangkan tenaga pikiran
untuk memajukan sekolah tersebut. Sikap Pak Ahmad adalah nasionalis,
tanggungjawab, integritas.
26. Sekolah sudah membuat mengenai larangan siswa laki-laki untuk memiliki
rambut gondrong. Seorang guru menegur Darko agar segera memotong rambutnya
yang sudah terlihat gondrong. Padahal Darko menyukai model rambutnya
sekarang ini. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Darko adalah ....
A. segera memotong rambutnya sepulang sekolah
B. menunggu sampai ditegur kembali, baru kemudian memotong rambutnya.
C. mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong saat ini.
D. membuat alasan agar dimaklumi oleh guru.
Kunci Jawaban A
Karena bagaimanapun sekolah punya aturan tersediri dalam tata tertib yang
harus ditaati semua warga sekolah tanpa kecuali. Sikap integritas yaitu
mentaati aturan yang berlaku dalam hal ini tata tetib sekolah.
27. Semester baru sudah berjalan dua minggu dan di kelasnya Toni tanpa ada
ketua kelas. Wali kelas sudah meminta untuk segera diangkat ketua kelas
untuk keperluan koordinasi kegiatan belajar, tetapi tidak ada satupun
siswa berani mengajukan diri menjadi ketua kelas.
Tindakan yang seharusnya dilakukan Toni dalam menghadapi situasi tersebut
adalah ....
A. menunjuk teman lain dan mengajukannya kepada wali kelas.
B. mendorong teman-teman sekelasnya untuk mengajukan diri menjadi ketua
kelas.
C. mengajukan diri karena memang mampu menjadi ketua kelas
D. mengajukan diri menjadi ketua kelas jika diperbolehkan menunjuk wakilnya
sendiri
Kunci Jawaban B
Karena Toni ingin menumbuhkan sikap percaya diri teman-temannya sebagai
tawaran Toni agar Toni tidak dianggap otoriter, dominan, bagaimanapun juga
onir adalah seorang siswa yang sama dengan siswa lainnya, semua siswa
punya hak yang sama untuk mengajukan diri sebagai calon ketua kelas.
Tertanam sifat penghormatan terhadap hak orang lain. Tidak memandang remeh
orang lain.
28. Cindy diajak temannya untuk datang pada acara jumpa fans artis idolanya,
tetapi waktunya bertepatan jadwal bimbingn belajar. Cindy sudah memiliki
kesepakatan dengan orangtuanya untuk tidak bolos.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan Cindy adalah ....
A. meminta izin kepada orangtua untuk sekali ini saja membolos bimbingan
belajar
B. tetap mengikuti bimbingan belajar, tetapi meminta izin pulang lebih
awal
C. mengikuti ajakan temannya, karena acara terebut sangat jarang
diadakan
D. tetap bimbingan belajar dan meminta temannya untuk memvideokan acara
tersebut
Kunci Jawaban D
Mendahulukan bimbingan belajar karena tidak mau mengecewakan orangtuanya
serta untuk masa depannya. Bimbingan belajar tetap yang utama. Tertanam
sikap pengendalian diri.
29. Mery berasal dari suku yang berbeda dengan Tina. Ketika sedang diskusi
mengenai kebudayaan, Tina sangat membanggakan suku asalnya, sehingga
menyinggung perasaan Mery.
Tindakan yang sebainya dilakukan Mery adalah ....
A. mengabaikan perasaanya dan fokus topik diskusi
B. menyanggah apa yang dikatakan Tina mengenai sukunya
C. menyampaikan bahwa semua suku memiliki keunikan masing-masing
D. membalas dengan memberi contoh negative tentang suku asal Tina
Kunci Jawaban C
Karena tidak dibenarkan bersikap primordial atau kesukuan yang
menonjolkan suku atau daerahnya sendiri dengan merendahkan suku, budaya
daerah lain. Bertentangan dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila
terutama Sila Persatuan Indonesia. Tertanam sifat nasionalisme dalam diri
Mery.
30. Ando merpakan teman sebangku Dino. Ando sering diejek teman-teman
sekolahnya karena badannya gemuk dan pendek. Dino kasihan pada Ando,
tetapi dia takut dijauhi teman lainnya jika berteman dengan Ando.
Tindakan yag seharusnya dilakukan Dino adalah ....
A. berusaha membela Ando
B. menjaga jarak dengan Ando
C. tetap berteman jika tidak ada teman lain
D. tetap berteman dengan Ando
Kunci Jawaban D
Karena semua manusia adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki harkat
dan martabat yang sama, tidak diskriminatif, tidak rasialisme, sesuai
dengan prinsip Pancasila terutama Sila Kemanusiaan Yang Adil dan
Beradab.
31. Pada saat akan membuang botol plastik botol bekas minuman, Insan
kesulitan dalam mencari tempat sampah, Insan melihat beberapa orang yang
membuang sampah dipinggir jalan.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh Insan adalah ....
A. membuangnya pada tempat terembunyi
B. membuang sampah dipinggir jalan
C. membawa pulang untuk digunakan kembali
D. memegangnya sampai mendapatkan tempat sampah
Kunci Jawaban D
Tidak membuang sampah sembarangan menunjukkan Insan adalah orang yang
bertanggungjawab, responsive, tanggap, peduli lingkungan. Karena
lingkungan menjadi tercemar dan limbah plastik itu terurainya sampai
ratusan tahun berbahaya bagi kelanjutan ekosistem semua makhluk hidup.
32. Dedi menemukan uang yang jatuh di halaman sekolah. Dia ingin
mengembalikan uang tersebut, tetapi tidak tahu siapa pemiliknya.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan Dedi adalah ....
A. menyerahkan uang tersebut kepada guru
B. membiarkan saja
C. bertanya kepada beberapa teman
D. membawa pulang
Kunci Jawaban A
Karena apapun yang terjadi selama di sekolah adalah dikembalikan kepada
guru, karena gurulah orangtua jika di sekolah. Dedi bersikap jujur dan
tanggungjawab untuk diserahkan kepada guru. Guru yang akan mengembalikan
dengan cara atau strateginya sendiri bagaimana cara mengembalikan uang
yang tidak diketahui murid.
33. Bendi diberi tugas untuk mengumpulkan sumbangan dalam rangka membantu
biaya perawatan teman sekelasnya yang sedang sakit. Akan tetapi, pada
waktu yang bersamaan, ibunya belum memiliki uang untuk membayar sewa rumah
yang hari itu juga harus dibayarkan.
Tindakan yang sebaiknya dilakukan Bendi adalah ....
A. Segera memberikan uang sumbangan tersebut kepada temannya yang
sakit
B. memberikan semua uang untuk membayar sewa rumah ibunya
C. menggunkan sebagian uang untuk membayar sewa rumah ibunya
D. meminta izin teman-temannya meminjam uang untuk membayar sewa
rumah
Kunci Jawaban A
Karena menyangkut nyawa dan amanat segera untuk dibelikan obat atau biaya
perawatan, sedangkan sewa rumah masih bisa ditunda beberapa saat masih
bisa dinegosiasikan/dirundingkan. Sikap budi adalah sabar, amanah, peduli
orang lain, dan mengendalikan diri dan mendahulukan kepentingan orang
lain.
34. Pak Tino adalah guru olahraga di SMP Kebangsaan. Di sekolah tersebut
hanya ada satu lapangan yang digunakan untuk olahraga Bola Voli dan
Basket. Suatu hari, tim basket meminta izin untuk menggunakan lapangan
tersebut karena harus berlatih untuk meghadapi turnamen keesokan harinya.
Namun hari itu merupakan jadwal latihan tim Bola Voli.
Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh Pak Tino adalah ....
A. memberikan izin kepada tim basket dan meminta pengertian kepada tim
voli
B. membagi separuh waktu untuk tim voli dan separuhnya untuk tim basket
C. menolak permohonan tim basket karena hari itu adalah jadwal untuk tim
voli
D. meminta pada kedua tim untuk untuk bertukar jadwal latihan agar tim
basket dapat berlatih hari ini.
Kunci Jawaban D
Tidak ada yang dirugikan dan saling pengertian cuma waktu mundur saja,
jadi kedua kegiatan dapat berjalan. Kedua tim saling bersikap toleransi
dan semua ada jalan keluar kalau dimusyawarahkan. Pak Tino seorang yang
bijaksana.
35. Amin dan Rino mendapat tugas untuk mencari materi pelajaran di Internet.
Ketika sedang menyelesaikan tugas di rumah Rino, Amin diajak bermain game
onine, padahal ibunya pesan agar ia tidak bermain game online.
Tindakan yang harus dilakukan oleh Amin adalah ....
A. mengikuti ajakan Rino, karena game tersebut edisi terbaru
B. bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan
C. menolak bermain game dan menyelesaikan tugasnya
D. meminta izin pada ibunya untuk bermain game setelah tugasnya
selesai
Kunci Jawaban C
Fokus kepada tujuan semula agar tercapai dan sukses dalam menempuh
cita-cita, sikap Amin tidak mau mengkhianti, merusak kepercayaan,
berbohong, bisa mengendalikan diri, Amin berbakti pada orangtuanya.
36. Anda sebagai juri lomba. Kebetulan salahsatu pesrta adalah anak anda.
Anda tahu bahwa anak anda melakukan kesalahan tetapi juri lain tidak tahu.
Mereka memberi nilai tinggi pada anak anda.
Apa yang anda lakukan? Adalah ....
Jawabannya :
Memberi tahukan ke juri lainnya, dan serahkan penilainnya kepada
keputusan bersama juri secara adil dan bijaksana. Tertanam sifat
jujur.
37. Si A adalah siswa SMP. Karena ada Sesutu hal ia kesiangan ketika ia
berangkat sekolah, tapi A tidak ingin terlambat. Kebetulan di rumah ada
sepeda motor milik bapaknya.
Apa yang seharusnya dilakukan si A? adalah ....
Jawabannya :
Meminta diantar oleh salahsatu anggota keluarga mengguakan sepeda motor,
kalaupun sampai sekolah tetap terlambat segera menjelaskan duduk
persoalannya kepada guru secara terus terang, terbuka, dan jujur
didampingi oleh anggota keluarga yang mengantarnya.
38. Dona akan mengikuti seleksi. Materinya dalah A, B, C, dan D. Dia lemah di
materi A sedangkan materi B, C, dan D dikuasainya.
Apa yang dilakukan Dona agar lulus dalam tes? Adalah ....
Jawabannya :
Dengan melakukan pendalam materi yang belum dikuasainya bisa melalui
bimbingan belajar, les tambahan, belajar mandiri. Sifat kerja keras,
pantang menyerah.
39. Rangga adalah ketua OSIS sekligus ketua penyelenggra pentas seni yang
akan mengadakan pertunjukan dengan tema budaya nasional. Namun ada
temannya yang menginginkan dipentaskan juga seni bernuansa Arab.
Apa yang harus dilakukan Rangga agar pentas tersebut tetap berjalan?
Adalah ....
Jawabannya :
Bermusyawarah bahwa acara itu memang untuk budaya nasional, kalau
ternyata hasil musyawarah harus ditampilkan seni bernuansa Arab maka
dilaksnakanlah hasil msyawarah itu yang terbaik sesuai prinsip Pancasila
terutama Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan. Semua tunduk dan melaksanakan hasil keputusan
musyawarah dengan etikad baik.
40. Si C senang dengan olahraga, dia ingin kuliah memilih jurusan olahraga,
tetapi bapaknya menyuruh memilih jurusan sains.
Apa yang seharusnya dilakukan oleh si C? adalah ....
Jawabannya :
Katakan mengapa dia tidak suka dengan sains dan musyawarahkan dengan
orangtua bahwa dirinya tidak tertarik kepada sains dan tidak percaya diri,
kalau dipaksakan khawatir gagal, yang rugi bukan bapaknya saja tetapi
dirinya dan masa depannya. Tertanam sifat berani mengemukakan pendapat,
jujur, dan tahu kemampuan diri sendiri.
Demikian contoh soal survei karakter, diharapkan rekan guru untuk melatih
peserta didik agar terbiasa dihadapkan dan menjawab penomena-penomena
sosial yang erat kaitannya dengan kehidupan kontekstual sehari-hari.
Maka dalam merancang instrumen penilaian lebih kepada penugasan, praktik,
produk, portofolio, penyajian kasus-kasus sehingga model pembelajaran yang
sangat coocok adalah model penyelidikan (Inquiry Learning), penemuan
(discovery Learning), pemecahan masalah (Problem Based Learning) dan
proyek (Project Based Learning).
Demikian contoh soal survei karakter peserta didik mudah-mudahan bermanfaat