-->

Kamis, 30 September 2021

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum(AKM) / Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tentang Survei Karakter Peserta DidikAKM

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum(AKM) / Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tentang Survei Karakter Peserta DidikAKM


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Selain Literasi dan Numerasi ada yang dinamakan survei karakter, Survey Karakter merupakan instrumen yang difokuskan untuk mengukur hasil belajar emosional siswa selama menjalani proses belajar mengajar. Hasil belajar emosional tersebut mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Karakter yang dimaksud berkaitan dengan sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaaan murid.

Penilaian ini dapat memberikan informasi terkait kesiapan siswa dalam menghadapi kompetensi global dengan membawa karakter yang baik dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

Adapun indikator karakter yang diukur adalah:

1.     Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,

2.     Berkebhinekaan Global

3.     Bergotong royong

4.     Bernalar kritis

5.     Mandiri

6.     Kreatif

 

. Berikut ini adalah contoh soal AKM survei Karakter Peserta Didik dengan jawaban.

 

CONTOH SURVEI KARAKTER PESERTA DIDIK

 

1.     Alat peraga digunakan untuk memahami materi pelajaran. Alat peraga apa yang dapat kamu temukan di sekolah?

Berilah tanda centang (√) pada kotak yang disediakan. Pilihlah beberapa jawaban sesuai kondisi di sekolahmu.

      Alat peraga olahraga 

      Balok kayu

       Grafik

      Torso

      Diagram

      Tabel

      eta/globe

 

2.     Apakah kamu melaksanakan pembelajaran jarak jauh? Berilah tanda (√) pada kota yang disediakan.

      Tidak, sekolah masih masuk seperti biasa

      Ya, sebagian dari rumah sebagian di sekolah

      Ya, sepenuhnya dilakukan dari rumah

 

3.     Fasilitas belajar merupakan faktor penunjang keberhasilan dalam belajar. Fasilitas belajar apa saja yang kamu temukan rumah dan sekolah?

 Berilah tanda (√) pada kotak didepan pilihan jawabanmu.

      Penyejuk udara (Air Conditioner)

      LCD proyektor 

      Lemari

      Kursi

      Meja

      Alat tulis

      Papan tulis white board 

      Papan tulis hitam

 

4.     Apakah kegiatan sekolah berikut pernah kamu lakukan?

Berilah tanda (√) sesuai dengan pengalamanmu. Kamu dapat memilih jawaban lebih dari satu.

    Penerapan gerakan cuci tangan pakai sabun

      pelaksaan piket kelas secara beregu

      Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah

      Saling membantu antarwarga sekolah

      Pengenalan keunikan potensi daerah asal

      Upacara bendera setiap hari Senin

      Perayaan hari besar nasional atau keagamaan

      Pelaksanaan beribadah Bersama

 

5.     Perhatikan protokol pencegahan Covid-19 berikut.

Jodohkan pernyataan tabel A dengan jawaban yang terdapat pada tabel B. Jawablah dengan memberikan tanda panah.

A
Mencuci tangan menggunakan .....dengan air mengalir
Menggunakan .... Ketika keluar rumah
Menerapkan etika batuk/bersin dengan menutup menggunakan ....
Menghindari ....
Menjaga .... ketika berinteraksi dengan orang lain
B
Kerumunan
Jarak
Sabun
Lengan atas
Masker

6.     Apa saja tempat ibadah yang terdapat di sekolahmu? (Tandai semua yang sesuai dengan tanda centang (√) )

      Tempat ibadah untuk agama Konghucu 

      Tempat ibadah untuk agama Budha

      Tempat ibadah untuk agama Hindu

      Tempat ibadah untuk agama Islam

      Tempat ibadah untuk agama Katolik 

      Tempat ibadah untuk agama Kristen

 

7.     Kegiatan minat dan bakat yang kamu ikuti di sekolah dilaksanakan ... kali seminggu.

 

8.    Apa saja organisasi minat dan bakat yang terdapat di sekolahmu?

Boleh memberikan tanda centang (√) lebih dari satu jawaban sesuai kondisi di sekolah.  Pramuka

      Dokter kecil

      Peraturan baris-berbaris (PBB)

      Klub baca

      Olahraga ...

      Musik ...

      Kesenian ...

      Lainnya

 

9.     Ketika Bapak/Ibu Guru mengelar kuis berkelompok untuk menyampaikan materi, apakah kamu mudah memahaminya?

Pilihlah salah satu jawaban.

      Sangat mudah dipahami

      Mudah dipahami

      Cukup sulit dipahami 

      Sulit dipahami

10.  Seberapa sering Bapak/Ibu Guru wali kelas memberi motivasi tentang semangat belajar?  Seminggu sekali

      Seminggu dua kali

      Tiga hari sekali

      Dua hari sekali 

      Setiap hari

 

11.   Selama pembelajaran di kelas bagaimana sikap guru dalam menyampaikan materi? Berilah tanda (√) pada salah satu jawaban.

      Menyampaikan pelajaran sambil duduk

      Menyampaikan pelajaran dengan santi dan rileks

      Menyampaikan pelajaran dan memberi motivasi belajar 

      Menyampaikan pelajaran dengan santai

     

12.  Di tengah pandemi Covid-19 kita seharusnya selalu memperhatikan protokol kesehatan. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Upaya-upaya apa yangtelah dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di sekolahmu?

Jodohkan poin-poin pada kolom A dengan poin-poin kolom B. Selanjutnya, berilah tanda centang (√) pada kotak di kolom A untuk kegiatan yang telah dilakukan.

Kelompok A
1.Apa yang kamu lakukan setiba di sekolah?
2.Bagaimana posisi dudukmu saat di kelas?
3.Apa yang kamu kenakan di wajah setiap keluar rumah?
4.Bagaimana caramu agar tidak jajan sembarangan di sekolah?
5.Bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh?

 

Kelompok B
1.  Menerapkan sistem jaga jarak
2.  Mencuci kedua tangan
3.  Melakukan olahraga secara rutin
4.  Masker
5.  Membawa bekal makanan dari rumah

 

13.  Apakah kamu memiliki fasilitas belajar di rumah?

      Ya  Fasilitas belajar yang saya miliki di rumah: .... 

      Tidak

 

14.  Isilah beberapa point berikut. 

a.     Lapangan olahraga

Ketersediaan

Kondisi

Ada



Bersih



Tidak Ada



Kotor



 

b.     Toilet/MCK

Ketersediaan

Kondisi

Ada



Bersih



Tidak Ada



Kotor



 

c.     Listrik

Ketersediaan

Kondisi

Ada



Mudah diakses



Tidak Ada



Sulit diakses



 

d.     Pagar sekolah

Ketersediaan

Kondisi

Ada



Bersih



Tidak Ada



Kotor



 

e.     Bangunan ruang kelas

Ketersediaan

Kondisi

Luas



Sangat bersih



Kurang luas



Cukup bersih



Sangat sempit



Kotor



 

f.      Air bersih 

      Tidak ada

      Ada tetapi kurang

      Ada dan cukup

      Ada dan melimpah

 

15.  Apa pendidikan terakhir dan profesi orang tuamu? Isilah kolom berikut!

Pendidikan terakhir

Ayah

Ibu



SD



SD



SMP



SMP



SMA/SMK



SMA/SMK



S1



S1



S2



S2



…..



…..

 

Pendidikan terakhir

Ayah

Ibu

………………………………..

………………………………..

 

 

16.  Tandailah pernyataan yang sesuai dengan kondisi UKS yang ada di sekolahmu dengan memberikan tanda (√) pada kolom Ya atau Tidak.

Pertanyaan

Ya

Tidak

Sekolah memiliki ruang UKS

 

 

Ruang UKS terawat dengan baik

 

 

UKS memiliki obat P3K yang memadai

 

 

UKS menyediakan tempat tidur

 

 

UKS memiliki alat medis yang memadai (thermometer, tensimeter, timbangan berat badan)

 

 

Terdapat guru yang bertugas menjaga UKS

 

 

 

17.   Adakah peraturan untuk menjaga keamanan di sekolahmu?

      Ada

      Tida ada

 

18.  Bagaimana kondisi perpustakaan sekolahmu? Tandai semua yang sesuai dengan tanda centang (√)

Pertanyaan

Ya

Tidak

Sekolah memiliki ruang perpustakaan

 

 

Kondisi perpustakaan terawat dengan baik

 

 

Perpustakaan dibuka selama hari sekolah

 

 

Terdapat tempat untuk membaca di perpustakaan

 

 

Buku-buku di perpustakaan terawat dengan baik

 

 

Buku-buku dapat dipinjam peserta didik

 

 

at guru yang mengurusi perpustakaan

 

 

 

19.  Kegiatan minat dan bakat yang kamu ikuti di sekolah dilaksanakan ... kali selama seminggu.

 

20. Berapa kali kamu ke perpustakaan? Tandai yang sesuai dengan tanda centang (√) 

      Lebih dari 2 kali seminggu

      2 kali seminggu

      1 kali seminggu

      Jarang/tidak tentu

      Tidak pernah ke perpustakaan

 

21.  Kamu memiliki seorang teman yang berlainan keyakinan dengan kamu, suatu ketika kamu diundang olehnya untk menghadiri acara respsi perkawinannya.

Tindakan yang kamu lakukan adalah ....

A.    tidak datang menghadirinya

B.    menolak dengan cara halus bahwa kamu ada acara lain 

C.    memenuhi undangannya

D.    mengucapkan selamat melalui telpon

Kunci Jawaban C

Karena resepsi pernikahan hanyalah acara seremonial tidak ada sangkut pautnya dengan ibadah agama masing-masing, sesama penganut agama saling toleransi dan bekerjasama selama tidak menyangkut proses ritual keagamaan. Sesuai prinsip Pancasila terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

22.  Pak Dedi punya sebidang tanah yang dekat dengan perkampungan penduduk, pak Dedi memanfaatkan tanahnya dengan memelihara ayam potong. Namun bau kotoran dari kandang pak Dedi mengganggu warga di kampung tersebut. Warga melakukan protes karena pencemaran udara. Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Dedi adalah ....

A.    bermusyawarah dengan warga kampung untuk menyelesaikan permasalahan 

B.    menimbun kotoran ayamnya setiap hari

C.    memindahkan kandang ayamnya ke kandang kolektif

D.    memberi biaya ganti rugi setiap bulan terhadap warga yang terdampak

E.    menempuh jalur hukum karena dia merasa bebas melakukan apapun di atas tanahnya

Kunci Jawaban A

Karena menyelesaikan permasalahan diutamakan dengan musyawarah untuk mufakat sebagai jalan keluar terbaik. Peinsip Pancasila terutama Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

 

23.  Pincen adalah warga Desa Sukarmaju, pada saat pemilihan kepala desa, Pincen melakukan serangan fajar dalam bentuk membagi-bagikan uang dan sembako agar warga menjatuhkan pilihan terhadap dirinya sebagai kepala desa. Ternyata setelah diadakan penghitungan suara, Pincen memeroleh suara mayoritas. Kamu mengetahui bahwa Pincen berbuat tidak jujur dalam meraih kemenangan. Bagaimana sebaiknya tindakan kamu untuk melawan ketidakadilan tersebut?

A.    acuh tak acuh karena kamu tidak dirugikan karena bukan kontestan

B.    melapor kepada aparat penegak hukum dan pengawas pemilihan dengan bukti yang kuat

C.    diam saja karena warga kampungmu semua kebagaian uang takutnya kamu jadi sasaran kemarahan warga

D.    memberi tahu kontestan lain yang dirugikan

E.    mendatangi Pincen kalau aksinya ada yang mengetahuinya dan meminta uang diam kalau mau selamat

Kunci Jawaban B

Karena politik uang dilarang, melaporkan harus disertai dengan bukti yang sangat kuat agar tidak menjadi fitnah.

 

24.  Si A adalah seorang warga negara yang tidak bertanggung jawab karena tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum. Si A lebih parah lagi dengan mengajak teman akrabnya Si B untuk golput.

Apa yang harus si B lakukan atas ajakan Si A tersebut?

A.    Si B mengikuti ajakan Si A karena tidak kuasa menolak kawan akrabnya demi teman 

B.    Si B mengikuti ajakan Si A karena ada bayarannya

C.    Si B mengikuti ajakan si A karena takut kehilangan teman akrabnya

 

D.    Si B menolak ajakan si A karena salahsatu kontestan adalah idolanya yang sangat dia kagumi yng selama ini banyak membantu kehidupan masyarakat

E.    Si B menolak karena salah satu kontestan adalah dari keluarganya

Kunci Jawaban D

Karena berdasarkan keyakinan suara hati nuraninya demi kepentingan orang banyak tanpa memandang keluarga, teman, uang atau anti KKN, Si B mendahulukan kepentingan bangsa dan negara, bersikap nasionalisme, integritas.

 

25.  Pak Ahmad adalah seorang guru yang berkepribadian baik dan selalu berinovasi dalam memajukan sekolahnya sehingg murid selalu menanti kehadiran pak Ahmad baik di Sekolah apalagi di depan kelas. Namun malang tidak bisa ditolak, pak Ahmad tiba-tiba dipindah tugaskan ke sekolah yang kurang maju.

Apa yang seharusnya dilakukan Pak Ahmad? Adalah ....

A.    menerima dengan alasan yang masuk akal

B.    menolak karena merasa masih dibutuhkan di tempat semula

C.    menerima dengan lapang dada karena pindah adalah hal yang biasa

D.    menerima dengan penuh tanggungjawab

E.    menolak karena sudah menjelang pensiun sebagai guru

Kunci Jawaban D

Pak Ahmad medahulukan kepentingan bangsa dan negara karena di sekolah manapun sama saja justru Pak Ahmad dapat menyumbangkan tenaga pikiran untuk memajukan sekolah tersebut. Sikap Pak Ahmad adalah nasionalis, tanggungjawab, integritas.

 

26.  Sekolah sudah membuat mengenai larangan siswa laki-laki untuk memiliki rambut gondrong. Seorang guru menegur Darko agar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal Darko menyukai model rambutnya sekarang ini. Tindakan yang sebaiknya dilakukan Darko adalah ....

A.    segera memotong rambutnya sepulang sekolah

B.    menunggu sampai ditegur kembali, baru kemudian memotong rambutnya.

C.    mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong saat ini.

D.    membuat alasan agar dimaklumi oleh guru.

Kunci Jawaban A

Karena bagaimanapun sekolah punya aturan tersediri dalam tata tertib yang harus ditaati semua warga sekolah tanpa kecuali. Sikap integritas yaitu mentaati aturan yang berlaku dalam hal ini tata tetib sekolah.

 

27.  Semester baru sudah berjalan dua minggu dan di kelasnya Toni tanpa ada ketua kelas. Wali kelas sudah meminta untuk segera diangkat ketua kelas untuk keperluan koordinasi kegiatan belajar, tetapi tidak ada satupun siswa berani mengajukan diri menjadi ketua kelas.

Tindakan yang seharusnya dilakukan Toni dalam menghadapi situasi tersebut adalah ....

A.    menunjuk teman lain dan mengajukannya kepada wali kelas.

B.    mendorong teman-teman sekelasnya untuk mengajukan diri menjadi ketua kelas.

C.    mengajukan diri karena memang mampu menjadi ketua kelas

D.    mengajukan diri menjadi ketua kelas jika diperbolehkan menunjuk wakilnya sendiri

Kunci Jawaban B

Karena Toni ingin menumbuhkan sikap percaya diri teman-temannya sebagai tawaran Toni agar Toni tidak dianggap otoriter, dominan, bagaimanapun juga onir adalah seorang siswa yang sama dengan siswa lainnya, semua siswa punya hak yang sama untuk mengajukan diri sebagai calon ketua kelas. Tertanam sifat penghormatan terhadap hak orang lain. Tidak memandang remeh orang lain.

 

28. Cindy diajak temannya untuk datang pada acara jumpa fans artis idolanya, tetapi waktunya bertepatan jadwal bimbingn belajar. Cindy sudah memiliki kesepakatan dengan orangtuanya untuk tidak bolos.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan Cindy adalah ....

A.    meminta izin kepada orangtua untuk sekali ini saja membolos bimbingan belajar

B.    tetap mengikuti bimbingan belajar, tetapi meminta izin pulang lebih awal

C.    mengikuti ajakan temannya, karena acara terebut sangat jarang diadakan

D.    tetap bimbingan belajar dan meminta temannya untuk memvideokan acara tersebut

Kunci Jawaban D

Mendahulukan bimbingan belajar karena tidak mau mengecewakan orangtuanya serta untuk masa depannya. Bimbingan belajar tetap yang utama. Tertanam sikap pengendalian diri.

 

29.  Mery berasal dari suku yang berbeda dengan Tina. Ketika sedang diskusi mengenai kebudayaan, Tina sangat membanggakan suku asalnya, sehingga menyinggung perasaan Mery.

Tindakan yang sebainya dilakukan Mery adalah ....

A.    mengabaikan perasaanya dan fokus topik diskusi

B.    menyanggah apa yang dikatakan Tina mengenai sukunya

C.    menyampaikan bahwa semua suku memiliki keunikan masing-masing

D.    membalas dengan memberi contoh negative tentang suku asal Tina

Kunci Jawaban C

Karena tidak dibenarkan bersikap primordial atau kesukuan yang menonjolkan suku atau daerahnya sendiri dengan merendahkan suku, budaya daerah lain. Bertentangan dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila terutama Sila Persatuan Indonesia. Tertanam sifat nasionalisme dalam diri Mery.

 

30. Ando merpakan teman sebangku Dino. Ando sering diejek teman-teman sekolahnya karena badannya gemuk dan pendek. Dino kasihan pada Ando, tetapi dia takut dijauhi teman lainnya jika berteman dengan Ando.

Tindakan yag seharusnya dilakukan Dino adalah ....

A.    berusaha membela Ando

B.    menjaga jarak dengan Ando

C.    tetap berteman jika tidak ada teman lain

D.    tetap berteman dengan Ando

Kunci Jawaban D

Karena semua manusia adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki harkat dan martabat yang sama, tidak diskriminatif, tidak rasialisme, sesuai dengan prinsip Pancasila terutama Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

31.  Pada saat akan membuang botol plastik botol bekas minuman, Insan kesulitan dalam mencari tempat sampah, Insan melihat beberapa orang yang membuang sampah dipinggir jalan.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh Insan adalah ....

A.    membuangnya pada tempat terembunyi

B.    membuang sampah dipinggir jalan

C.    membawa pulang untuk digunakan kembali

D.    memegangnya sampai mendapatkan tempat sampah

Kunci Jawaban D

Tidak membuang sampah sembarangan menunjukkan Insan adalah orang yang bertanggungjawab, responsive, tanggap, peduli lingkungan. Karena lingkungan menjadi tercemar dan limbah plastik itu terurainya sampai ratusan tahun berbahaya bagi kelanjutan ekosistem semua makhluk hidup.

 

32.  Dedi menemukan uang yang jatuh di halaman sekolah. Dia ingin mengembalikan uang tersebut, tetapi tidak tahu siapa pemiliknya.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan Dedi adalah ....

A.    menyerahkan uang tersebut kepada guru

B.    membiarkan saja

C.    bertanya kepada beberapa teman

D.    membawa pulang

Kunci Jawaban A

Karena apapun yang terjadi selama di sekolah adalah dikembalikan kepada guru, karena gurulah orangtua jika di sekolah. Dedi bersikap jujur dan tanggungjawab untuk diserahkan kepada guru. Guru yang akan mengembalikan dengan cara atau strateginya sendiri bagaimana cara mengembalikan uang yang tidak diketahui murid.

 

33.  Bendi diberi tugas untuk mengumpulkan sumbangan dalam rangka membantu biaya perawatan teman sekelasnya yang sedang sakit. Akan tetapi, pada waktu yang bersamaan, ibunya belum memiliki uang untuk membayar sewa rumah yang hari itu juga harus dibayarkan.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan Bendi adalah ....

A.    Segera memberikan uang sumbangan tersebut kepada temannya yang sakit 

B.    memberikan semua uang untuk membayar sewa rumah ibunya

C.    menggunkan sebagian uang untuk membayar sewa rumah ibunya

D.    meminta izin teman-temannya meminjam uang untuk membayar sewa rumah 

Kunci Jawaban A

Karena menyangkut nyawa dan amanat segera untuk dibelikan obat atau biaya perawatan, sedangkan sewa rumah masih bisa ditunda beberapa saat masih bisa dinegosiasikan/dirundingkan. Sikap budi adalah sabar, amanah, peduli orang lain, dan mengendalikan diri dan mendahulukan kepentingan orang lain.

 

34.  Pak Tino adalah guru olahraga di SMP Kebangsaan. Di sekolah tersebut hanya ada satu lapangan yang digunakan untuk olahraga Bola Voli dan Basket. Suatu hari, tim basket meminta izin untuk menggunakan lapangan tersebut karena harus berlatih untuk meghadapi turnamen keesokan harinya. Namun hari itu merupakan jadwal latihan tim Bola Voli.

Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh Pak Tino adalah ....

A.    memberikan izin kepada tim basket dan meminta pengertian kepada tim voli

B.    membagi separuh waktu untuk tim voli dan separuhnya untuk tim basket

C.    menolak permohonan tim basket karena hari itu adalah jadwal untuk tim voli

D.    meminta pada kedua tim untuk untuk bertukar jadwal latihan agar tim basket dapat berlatih hari ini.

Kunci Jawaban D

Tidak ada yang dirugikan dan saling pengertian cuma waktu mundur saja, jadi kedua kegiatan dapat berjalan. Kedua tim saling bersikap toleransi dan semua ada jalan keluar kalau dimusyawarahkan. Pak Tino seorang yang bijaksana.

 

35.  Amin dan Rino mendapat tugas untuk mencari materi pelajaran di Internet. Ketika sedang menyelesaikan tugas di rumah Rino, Amin diajak bermain game onine, padahal ibunya pesan agar ia tidak bermain game online.

Tindakan yang harus dilakukan oleh Amin adalah ....

A.    mengikuti ajakan Rino, karena game tersebut edisi terbaru

B.    bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan

C.    menolak bermain game dan menyelesaikan tugasnya

D.    meminta izin pada ibunya untuk bermain game setelah tugasnya selesai 

Kunci Jawaban C

Fokus kepada tujuan semula agar tercapai dan sukses dalam menempuh cita-cita, sikap Amin tidak mau mengkhianti, merusak kepercayaan, berbohong, bisa mengendalikan diri, Amin berbakti pada orangtuanya.

 

36.  Anda sebagai juri lomba. Kebetulan salahsatu pesrta adalah anak anda. Anda tahu bahwa anak anda melakukan kesalahan tetapi juri lain tidak tahu. Mereka memberi nilai tinggi pada anak anda.

Apa yang anda lakukan? Adalah ....

Jawabannya :

Memberi tahukan ke juri lainnya, dan serahkan penilainnya kepada keputusan bersama juri secara adil dan bijaksana. Tertanam sifat jujur.

 

37.  Si A adalah siswa SMP. Karena ada Sesutu hal ia kesiangan ketika ia berangkat sekolah, tapi A tidak ingin terlambat. Kebetulan di rumah ada sepeda motor milik bapaknya.

Apa yang seharusnya dilakukan si A? adalah ....

Jawabannya :

Meminta diantar oleh salahsatu anggota keluarga mengguakan sepeda motor, kalaupun sampai sekolah tetap terlambat segera menjelaskan duduk persoalannya kepada guru secara terus terang, terbuka, dan jujur didampingi oleh anggota keluarga yang mengantarnya.

 

38. Dona akan mengikuti seleksi. Materinya dalah A, B, C, dan D. Dia lemah di materi A sedangkan materi B, C, dan D dikuasainya.

Apa yang dilakukan Dona agar lulus dalam tes? Adalah ....

Jawabannya :

Dengan melakukan pendalam materi yang belum dikuasainya bisa melalui bimbingan belajar, les tambahan, belajar mandiri. Sifat kerja keras, pantang menyerah.

 

39.  Rangga adalah ketua OSIS sekligus ketua penyelenggra pentas seni yang akan mengadakan pertunjukan dengan tema budaya nasional. Namun ada temannya yang menginginkan dipentaskan juga seni bernuansa Arab.

Apa yang harus dilakukan Rangga agar pentas tersebut tetap berjalan? Adalah ....

Jawabannya :

Bermusyawarah bahwa acara itu memang untuk budaya nasional, kalau ternyata hasil musyawarah harus ditampilkan seni bernuansa Arab maka dilaksnakanlah hasil msyawarah itu yang terbaik sesuai prinsip Pancasila terutama Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Semua tunduk dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan etikad baik.

 

40. Si C senang dengan olahraga, dia ingin kuliah memilih jurusan olahraga, tetapi bapaknya menyuruh memilih jurusan sains.

Apa yang seharusnya dilakukan oleh si C? adalah ....

Jawabannya :

Katakan mengapa dia tidak suka dengan sains dan musyawarahkan dengan orangtua bahwa dirinya tidak tertarik kepada sains dan tidak percaya diri, kalau dipaksakan khawatir gagal, yang rugi bukan bapaknya saja tetapi dirinya dan masa depannya. Tertanam sifat berani mengemukakan pendapat, jujur, dan tahu kemampuan diri sendiri.

Demikian contoh soal survei karakter, diharapkan rekan guru untuk melatih peserta didik agar terbiasa dihadapkan dan menjawab penomena-penomena sosial yang erat kaitannya dengan kehidupan kontekstual sehari-hari.

Maka dalam merancang instrumen penilaian lebih kepada penugasan, praktik, produk, portofolio, penyajian kasus-kasus sehingga model pembelajaran yang sangat coocok adalah model penyelidikan (Inquiry Learning), penemuan (discovery Learning), pemecahan masalah (Problem Based Learning) dan proyek (Project Based Learning).


Demikian contoh soal survei karakter peserta didik mudah-mudahan bermanfaat

 
close