Download Contoh Soal 12 Mata Pelajaran Untuk Penilaian Akhir Tahun 2022 SMP Kelas 7 dan 8

handy.my.id - Bandung


Daftar Isi

Pengertian Penilaian Akhir Tahun

Penilaian Akhir Tahun atau yang disingkat PAT adalah kegiatan Evaluasi akademik yang di lakukan di akhir semester genap untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Lingkup yang dinilai adalah seluruh indikator yang ada pada kompetensi dasar di semester genap. Hasil dari penilaian ini dipergunakan untuk ketercapaian ketuntasan belajar peserta didik yang hasil akhirnya akan di input di E-Rapor dan dicetak untuk laporan kepada peserta didik itu sendiri dan kepada orangtua atau wali murid, hasil Penilaian Akhir Tahun ini juga di pergunakan untuk menentukan apakah peserta didik tersebut layak untuk naik kelas atau tidak.


Apa Saja yang Perlu diperhatikan Dalam Penilaian Akhir Tahun ini?

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan berikut ini yang harus diperhatikan;

I. Lingkup Penilaian

Tentunya Penilaian Akhir tahun ini dilakukan sesuai Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan yang meliputi penilaian hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan. Cakupan aspek penilaiannya meliputi;
  1. Sikap (informasi deskripsi mengenai perilaku peserta didik),
  2. Pengetahuan (pengukuran penguasaan pengetahuan peserta didik), dan 
  3. Keterampilan (pengukuran kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam tugas tertentu).

II. Tujuan Penilaian

Penilaian Akhir Tahun yang dilakukan oleh satuan pendidikan ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar yang berkesinambungan serta untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk seluruh mata pelajaran yang ada pada kurikulum satuan pendidikan masing-masing.
Penilaian Akhir Tahun ini harus mengacu pada prinsip;
  • Sahih
  • Objektif
  • Adil
  • Terpadu
  • Terbuka
  • Menyeluruh
  • Sitematis
  • Beracuan Kriteria, dan
  • Akuntabel

III. Bentuk Penialaian

Bentuk penilaian yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan dilakdiukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan atau bentuk lain yang diperlukan oleh satuan pendidikan. Pada umumnya seluruh satuan pendidikan melakukannya dengan ulangan serentak sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan masing-masing Kabupaten.

IV. Mekanisme Penilaian

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam mekanisme Penilaian Akhir Tahun ini, diantaranya;
  1. Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas.
  2. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, lisan, dan penugasan yang sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
  3. Penilaian aspek keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio dan atau teknik lain yang sesuai dengan kompetensi dasar yang dinilai.
  4. Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM maka harus mengikuti pembelajaran remedi.
  5. Hasil penilaian sikap berupa Huruf dan Deskripsi, sedangkan untuk pengetahuan dan keterampilan berupa angka dan deskripsi.

V. Prosedur Penilaian

Prosedur penilaian yang dilakukan dalam Penilaian Akhir Tahun adalah sebagai berikut;
  1. Menetapkan tujuan penilaian pada RPP yang sudah disusun oleh masing-masing guru mata pelajaran,
  2. Menyusun kisi-kisi penilaian,
  3. Membuat instrumen berikut dengan pedoman penilaian,
  4. Melakukan analisis apakah instrumen yang dibuat berkualitas dan layak untuk digunakan,
  5. Melakukan penilaian,
  6. Mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian,
  7. Melaporkan hasil penilaian kepada peserta didik, orangtua / wali murid, dan pihak pihak lainnya yang terkait.
  8. Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik maupun satuan pendidikan.
Itulah beberapa ketentuan yang menjadi hal wajib untuk di implementasikan dan sebagai pendidik serta satuan pendidik bisa mengembangkan ketentuan ini sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing tidak mengurangi yang sudah menjadi acuan dasar dari pemerintah.

Penilaian Akhir Tahun 2022 ini jika dilihat dari hari efektif belajar mengalami kekurangan untuk pertemuan pembelajaran apalagi terpotongnya KBM dengan Liburan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang cukup panjang, sehingga kita sebagai pendidik perlu menyesuaikan cakupan materi yang harus dinilai baik pengetahuan dan keterampilan.

Berikut dibawah ini beberapa contoh soal penilaian akhir tahun yang bisa dijadikan referensi untuk pembuatan instrumen soal penilaian Akhir Tahun 2022


Download Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun 2022

  1. Soal PAT Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI)
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  2. Soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  3. Soal PAT Bahasa Indonesia
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  4. Soal PAT Matematika
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  5. Soal PAT Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  6. Soal PAT Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  7. Soal PAT Bahasa Inggris
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  8. Soal PAT Seni Budaya
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  9. Soal PAT Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  10. Soal PAT Prakarya
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  11. Soal PAT Bahasa Arab
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
  12. Soal PAT Bahasa Sunda
    1. Kelas 7 - download
    2. Kelas 8 - download
Itulah beberapa penjelasan mengenai Penialaian Akhir Tahun dan contoh-contoh soal PAT untuk Tahun Pelajaran 2021-2022. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih
Lebih baru Lebih lama