Iklan

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat

Handy
Selasa, 26 April 2022, April 26, 2022 WIB Last Updated 2022-04-26T08:32:39Z
masukkan script iklan disini

cara mengecilkan perut buncit pada wanita
beberapa cara diet sehat; canva diet.

handy.my.id – Bandung

Berat badan erat kaitannya dengan penampilan, siapa sih yang tidak mau memiliki berat badan yang ideal. Enak dipandang orang lain dan menjadi pusat perhatian orang-orang disekitar kalian. Tapi bagaimana jika berat badan kalian berlebihan apa saja resiko ketika berat badan kita berlebihan atau kita mengalami kegemukan. Nah berikut ini beberapa resiko berat badan berlebih yang dilansir dari alodokter.com:

1.     Diabetes tipe 2

2.     Penyakit jantung

3.     GERD atau penyakit asam lambung

4.     Sulit bernapas

5.     Sleep apnea (berhentinya bernapas selama 10 detik ketika tidur)

6.     Kanker

7.     Depresi

8.     Komplikasi kehamilan

Selain berat badan terlihat ideal tentunya harus sehat juga terhindar dari resiko-resiko kesehatan di atas. Apakah berat badan kalian sudah ideal? Berikut ini cara menghitung berat badan ideal.

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal

Menghitung berat badan yang ideal antara laki-laki dengan perempuan tentunya berbeda. Untuk mengetahui berat badan ideal kalian, kalian bisa membandingkannya dengan tinggi badan yang kalian miliki, jadi sebelum menghitung berat badan, ketahui terlebih dahulu tinggi badan kalian.

Berikut ini cara paling mudah untuk mengetahui berat badan yang ideal dengan tinggi badan yaitu dengan menggunakan rumus berat badan ideal yang ditemukan oleh seorang ahli bedah Prancis, Pierre Paul Broca, berikut caranya;

Pria: {Tinggi Badan (cm) – 100} – {Tinggi Badan (cm) x 10%}

Wanita: {Tinggi Badan (cm) – 100} – {Tinggi Badan (cm) x 15%}

Contohnya jika Anda adalah seorang wanita memiliki tinggi badan 160cm, menggunakan rumus diatas kita hitung seperti ini 60 – (60 x 15%) = 51 kg, jika kalian pria dengan tinggi badan 170cm maka berat badan Anda adalah 70 – (70 x 10%) = 63 kg.

Beberapa Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Setelah kalian mengetahui berat badan ideal kalian, kalian harus tahu bagaimana cara mencapainya dan menjaganya. Orang-orang pada umumnya akan melakukan diet ketat yang belum tentu menjamin kesehatan dengan baik. 

Sebenarnya kuncinya adalah dengan cara menyeimbangkan energi yang masuk dan keluar dari badan kita. Contohnya jika anda berlebih berat badan berarti energi yang dikeluarkan harus lebih besar daripada energi yang masuk kebadan kita, begitupun sebaliknya jika kita terlalu kurus berarti energi yang masuk harus lebih besar di banding energi yang di keluarkan.

Berikut ini beberapa cara sehat untuk menurunkan berat badan;

Mengatur Porsi Makan

Aturlah porsi makan kalian sesuai dengan kebutuhan seperti mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit jika ingin mengurangi berat badan.Tapi jika ingin menaikan berat badan kalian bisa menambahkan snack ke menu harian kalian untuk menambahkan energi.

Melakukan Pola Makan Konsisten

Kalian bisa melakukannya dengan membuat menu harian selama seminggu kedepan termasuk ketika kita sedang bepergian dengan menghitung jumlah kalori yang di butuhkan selama satu hari. Karena jika tidak begitu pola makan kita tidak akan stabil karena tidak konsisten mengikuti polanya.

Sarapan

Karena saking sibuknya atau kalian bangun kesiangan sering dari banyak orang melewatkan sarapannya, atau karena ingin berat badannya cepat turun melewatkan sarapan, hal ini merupakan kesalahan terbesar yang sering kita lakukan karena sarapan memberikan kita energi untuk beraktivitas selain itu sarapan juga mencegah keinginan kita untuk makan berlebihan di siang dan sore hari.

Makan sayur dan buah

Banyak sekali manfaat mengkonsumsi sayur dan buah untuk tubuh kita baik ketika kita sedang ingin menurunkan atau menaikan berat badan. Keduanya adalah sumber serat yang sangat baik untuk membantu kita kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Makan makanan alami 

Hindarilah makan makanan junk food karena mereka memiliki kadar kalori yang sangat tinggi dan juga makan ini minim akan gizi, jadi makanlah makanan yang alami yang bisa dimasak dirumah.

Olahraga

Manfaat olahraga sangat baik untuk tubuh karena bagi yang ingin menurunkan berat badan kegiatan ini membantu kita untuk membakar kalori dalam tubuh, sedangkan bagi orang yang ingin menaikan berat badan bisa menaikan masa otot tubuh.

Minum air putih

Selain mengurangi porsi makan dengan minum air putih secara teratur pun menjadi cara diet sehat lainnya. Menurut kemenkes kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari hari atau 2 liter. Air putih juga tidak memiliki kalori tambahan sehingga dapat menjadi diet aman yang ideal.Bila ingin minum minuman selain air putih pilihlah minuman yang tanpa gula. 

Mengurangi konsumsi gula

Bahan ini mungkin terdapat hampir di seluruh makan dan minuman yang instan. Dengan menjaga asupan gual agar tidak berlebihan bisa menjadi cara diet sehat dan mudah dilakukan.

Hindari atau kurangi karbohidrat buatan

Beberapa contoh jenis karbohidrat olahan; Nasi putih, roti, tepung, permen, ragam jenis sereal, gula tambahan dan pasta. Karbohidrat ini bisa di ganti dengan mengonsumsi biji-bijian seperti jagung, kacang, dll karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Hindari makanan lemak jenuh

Ada dua jenis lemak yaitu lemaj jenuh dan tak jenuh.Lemak jenuh adalah lemak yang umummnya berasal dari hewan, contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu daging  merah, daging unggas, dan produk olahan susu, seperti mentega, keju dan eskrim, sedangkan lemak tak jenuh adalah salah satu jenis asam lemak yang baik untuk tubuh, lemak ini bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan lemak ini bisa terdapat pada; kacang-kacangan, minyak zaitun, selai kacang, alpukat, ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel, kacang kenari, biji bunga matahari, jagung dan banyak lagi.

Kurangi Memakan Garam

Orang dewasa tidak boleh mengkonsumsi garam lebih dari 6 gram atau sekitar 1 sendok teh garam sehari. Karen aterlalu banyak dapat menyebabkan cairan menumpuk sekitar jantung dan paru-paru sehingga membuat jantung harus bekerja lebih keras. Berlebihan mengkonsumsi garam dapat menyebabkan; penurunan fungsi otak, mengganggu fungsi ginjal,meningkatkan tekanan darah, stroke dan demensia vaskular, penipisan tulang, dan kanker perut.

Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang cukup menjadi cara diet yang sehat. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang merasa kualitas tidur mereka buruk, cenderung sulit menurunkan berat badan. Akibatnya, rasa lapar atau keinginan untuk makan di tengah malam meningkat. Itu sebabnya, mendapatkan waktu tidur yang cukup penting dalam mengurangi berat badan.

 

Nah itu cara menurunkan berat badan dengan sehat, good looking dan good healthy. Jadi seimbang ya gengs jangan mengorbankan kesehatan karena hanya ingin tubuhnya terlihat ideal. Sekian dulu dari kami nantikan artikel kami selanjutnya. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasi.

Komentar

Tampilkan

Terkini

               
         
close