-->

Jumat, 19 Maret 2021

Pendahuluan dan Penialain Diri E-Learning Guru Pembelajar Calon Guru ASN PPPK Bahasa Inggris

Assalamualaikum Wr Wb

Disini saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti "Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK". Karena saya adalah seorang guru bahasa Inggris di sebuah sekolah swasta tentunya pada seri belajar ini saya memilih mata pelajaran bahasa Inggris.

Pada kegiatan pendahuluan ini kita dijelaskan proses belajar yang akan kita lakukan sampai dengan Tryout nanti. Jadi silahkan kawan-kawan yang belum mengikuti atau lupa bisa terus dipantau website saya ini.

Di program ini kita disediakan modul untuk dipelajari sendiri serta alur pembelajaran mandirinya, penjelasannya bisa di lihat dari tangkapan layar berikut ini pada website guru pembelajar:

Modul Belajar Calon Guru ASN PPPK
Pendahulauan E-Learning Guru Pembelajar Calon Guru ASN PPPK Bahasa Inggris


Alur Pembelajaran Modul Belajar Mandiri
Pendahuluan E-Learning Guru Pembelajar Calon Guru ASN PPPK Bahasa Inggris


Dalam program guru belajar mandiri ini ada 2 aspek yang akan kita pelajari sebagai seorang guru yaitu aspek pengetahuan sesuai dengan mapel masing-masing dan aspek pedagogi.

Setelah mengetahui apa yang akan kita lakukan dalam program ini kita langsung saja mau pilih belajar tentang pedagogi terlebih dahulu atau mata pelajaran yang telah kita pilih. Disini saya langsung fokus untuk belajar di kompetensi bidang saya yaitu bahasa Inggris.

Modul belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran tentang Bahasa Inggris.

Komponen-komponen di dalam modul belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami materi esensial terkait English for Public Information, English for Commucation, English for entertainment, English for practical use, English for academic context , sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ada beberapa tahapan yang akan kita pelajari seperti yang di gambarkan pada gambar dibawah ini:

Pendahuluan E-Learning Guru Pembelajar Calon Guru ASN PPPK Bahasa Inggris



Setelah pendahuluan kegiatan ini kita akan melakukan penilaian diri terlebih dahulu.

Penilaian Diri

Di bagian ini kita akan di berikan beberapa pertanyaan/quisioner untuk kita jawab. Jawabannya bukan tentang benar atau salah tetapi sejauh mana pengetahuan awal kita tentang bahasa Inggris dan diukur dengan angka 1 sampai dengan 5, simak isinya dibawah ini.

Pilihlah salah satu skala berikut yang mencerminkan tingkat kemampuan yang Anda miliki terkait materi.

Pilih 1 apabila tidak mampu
Pilih 2 apabila kurang mampu
Pilih 3 apabila cukup mampu
Pilih 4 apabila mampu
Pilih 5 apabila sangat mampu

Pertanyaan pertanyaan yang disajikan untuk penilaian diri calon guru asn pppk bahasa Inggris, disini sebaiknya kita bisa menjawab sejujur jujurnya sehingga kita dapat mengetahui sejauh mana kita belajar.

Pembelajaran 1. English for Public Information
  1. Apakah Anda Dapat Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari Public Notice, Posters and Banners, Graphic Organizers, Infographics, Brochure, Label lisan dan tulisan? 
  2. Apakah Anda Dapat Menganalisis isi Public Notice, Posters and Banners, Graphic Organizers, Infographics, Brochure, Label dalam bentuk tulis.?
  3. Apakah Anda Dapat Menyusun Public Notice, Posters and Banners, Graphic Organizers, Infographics, Brochure, Label dalam bentuk tulis? 

Pembelajaran 2. English for Communication
  1. Apakah Anda Dapat Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari Invitation, Personal Letter, Advertisement, Short Message, Greeting Card, Announcement, Descriptive Text, Report Text lisan dan tulisan.? 
  2. Apakah Anda Dapat Menganalisis isi Invitation, Personal Letter, Advertisement, Short Message, Greeting Card, Announcement, Descriptive Text, Report Text dalam bentuk tulis?
  3. Apakah Anda Dapat Menyusun Invitation, Personal Letter, Advertisement, Short Message, Greeting Card, Announcement, Descriptive Text, Report Text dalam bentuk tulis? 
  4. Apakah Anda Dapat Menganalisis unsur kebahasaan dari Upcoming Activities?

Pembelajaran 3. English for Entertainment
  1. Apakah Anda Dapat Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari Biography Text, Recount Text, Narrative Text lisan dan tulisan?
  2. Apakah Anda Dapat Menganalisis isi Biography Text, Recount Text, Narrative Text dalam bentuk tulis?
  3. Apakah Anda Dapat Menyusun Biography Text, Recount Text, Narrative Text dalam bentuk tulis? 
  4. Apakah Anda Dapat Menganalisis unsur kebahasaan dari Past Activities, Degrees of Comparison, Compare and Contrast, Conditional Sentences?

Pembelajaran 4 : English for Practical Use
  1. Apakah Anda Dapat Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari Procedure Text, News Item lisan dan tulisan? 
  2. Apakah Anda Dapat Menganalisis isi Procedure Text (Manual, Recipe, Itinerary), News Item dalam bentuk tulis?
  3. Apakah Anda Dapat Menyusun Procedure Text (Manual, Recipe, Itinerary), News Item dalam bentuk tulis?

Pembelajaran 5 : English for Academic Context
  1. Apakah Anda Dapat Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Explanation Text, Discussion Text, Review Text lisan dan tulisan? 
  2. Apakah Anda Dapat Menganalisis isi Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Explanation Text, Discussion Text, Review Text dalam bentuk tulis? 
  3. Apakah Anda Dapat Menyusun Analytical Exposition Text, Hortatory Exposition Text, Explanation Text, Discussion Text, Review Text dalam bentuk tulis?
  4. Apakah Anda Dapat Menganalisis unsur kebahasaan dari Cause and Effect, Figurative Language? 
Silahkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dinilai sesuai dengan kondisi pengetahuan bapak ibu sendiri. Artikel ini mudah-mudahan bermanfaan untuk kawan-kawan semuanya, 

Selanjutnya anda dapat membaca
 
close