-->

Rabu, 17 Maret 2021

Cara Mengajarkan Anak Lancar Membaca Di usia Balita

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Hai semuanya, di postingan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengajarkan anak lancar membaca dengan metode yang akan dijelaskan dibawah ini. Sebelum kita tahu bagaimana caranya, kita harus tahu terlebih dahulu metode apa saja yang bisa kita pakai untuk mengajarkan anak membaca. Jadi ada 3 metode yang bisa kita gunakan yaitu:

1. Pastikan anak sudah hafal seluruh huruf A sampai Z terlebih dahulu
Sebagai dasar agar anak bisa membaca dengan cepat, tentunya harus mengenal terlebih dahulu huruf-huruf baik huruf besar atau kecil, jika dirasa sudah cukup mengenal dengan huruf-huruf tersebut, bisa dilanjutkan ke tahapan selanjutnya.

2. Mengeja per suku kata 
Metode yang kedua ini adalah mengajarkan anak per suku kata misalnya seperti dibawah ini:
  • i - n - i 
  • b - u - k - u 

3. Menghapal per 2 suku kata 
Metode ini mengajarkan anak untuk menghapal huruf per 2 suku kata, contohnya seperti:
  • ca - ci - cu - ce - co
  • za - zi - zu - ze - zo

Untuk metode ketiga ini berlaku juga untuk akhiran dan kata sengau, contohnya:
  • bah - bih - buh - beh - boh
  • zak - zik - zuk - zek - zok
  • nya - nyi - nyu - nye - nyo
  • nga - nyi - ngu - nge - ngo
  • ang - ing - ung - eng - ong
  • au - ai - oi 
  • au - ua - ia 

Dari ketiga metode diatas, kita pilih mana yang paling cocok yang bisa kita ajarkan kepada anak. setelah kita tahu metodenya, cara selanjutnya adalah kita harus membiasakan untuk mengulang-ulang kata atau kalimat maksimal 10 menit setiap hari, dengan tujuan anak terbiasa dan akan semakin hafal dengan huruf dan cara membacanya.


Sesuai dengan pengalaman pribadi saya
Anak saya berusia 4 tahun 4 bulan, dia sudah dikenalkan dengan huruf dari usia 3 tahun, tetapi masih sulit untuk mengajarkan menghafal huruf, cari alternatif lain saya coba mengarkan sambil bermain dan dengan cara yang lain juga. Memang butuh kesabaran yang extra dalam menghadapi anak toddler untuk mau belajar menghafal, tapi kita jangan menyerah ya hehe.
 
Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan beberapa buku pegangan yang saya pakai, anak saya cocok untuk memakai metode yang ketiga dengan cara menghafal per 2 atau 3 huruf, dan itu cukup membantu dia bisa lebih cepat dalam membaca. Walaupun masih agak terbata-bata tapi sudah mampu mengingat huruf dan membaca dengan cukup baik di usia kurang dari 5 tahun. Sekarang saya tinggal mengajarkan setiap hari di ulang agar membacanya bisa lebih lancar.

Oh iya saya akan kasih tahu buku pegangan apa saja yang saya pakai untuk mengajarkan anak membaca, tapi kalian juga bisa cari buku yang lain juga ya.

1. Contoh Buku pengenalan Huruf Besar dan Kecil

cara mengajarkan anak lancar membaca di usia balita

2. Contoh buku Membaca
cara mengajarkan anak lancar membaca di usia balita

3. Membuat sendiri contoh hafalan 3 huruf
cara mengajarkan anak lancar membaca di usia balita


itulah cara mengajarkan anak bisa membaca dengan cepat di usia dibawah 5 tahun menurut pengalaman penulis. mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para pembaca dan bisa lebih dikembangkan lagi metodenya sesuai dengan karakteristik anaknya masing-masing. Terimakasih
 
close