-->

Minggu, 03 Januari 2021

Beginilah Cara Mengehemat Ketika Berbelanja.

11 cara berhemat ketika berbelanja


handy.my.id - Berbelanja memang kegiatan yang sangat menyenangkan apalagi untuk para ibu-ibu, ketika ada diskon pasti nafsu belanja sudah seperti nafsu untuk makan. Kadang-kadang barang yang dibeli ternyata tidak di perlukan.

Disaat pandemi seperti ini banyak sekali PHK yang terjadi dan juga pengeluaran bertambah dengan adanya tambahan kebutuhan pokok yang harus di beli seperti masker, handsanitizer, dan kebutuhan-kebutuhan lain untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga di rumah.

Maka dari itu penghematan adalah salah satu cara kita untuk bertahan pada situasi ini.

Ingin hemat? Inilah 11 cara menghemat ketika anda berbelanja.


1. Bawalah uang tunai dan sesuai kebutuhan

Menurut penelitian orang yang menggunakan kartu debit atau kredit cendrung gagal untuk mengontrol pengeluaran mereka dibandingkan orang yang lebih suka menggunakan uang tunai.

2. Tidak memakai mobile banking

Kemudahan di zaman ini sudah bisa kita lakukan dengan teknologi yang berkembang seperti mobile banking, ketika berbelanja karena mudahnya untuk melakukan transaksi kita dengan mudah akan tergiur untuk membeli barang yang bahkan ketika sampai rumah ternyata tidak diperlukan. Akhirnya saldo kita terbuang percuma lebih baik tetap disimpan.


3. Bawa uang kertas baru

Menurut penelitian tentang perilaku manusia, ternyata orang-orang lebih sayang untuk mengeluarkan uang barunya dibandingkan uang yang sudah lecek. Nah cara ini bisa dilakukan untuk menghemat karena pasti akan pikir-pikir untuk mengeluarkan uang barunya.

4. Belanja sendirian

Pernahkah anda membandingkan berbelanja sendiri dan berbelanja dengan membawa orang lain atau keluarga? Karena menurut penelitian semakin banyak orang yang kita bawa ketika berbelanja akan semakin banyak barang yang tidak terduga yang akan kita beli.

5. Mengatur pembelian

Jangan terburu buru untuk belanja, lebih baik anda membuat list dirumah terlebih dahulu akan belanjaan yang akan kita beli dan ketika anda berbelanja dan ragu untuk membeli suatu barang jangan terburu buru pertimbangkan manfaatnya dan harganya, jika memungkinkan atau harus belih lebih baik cari harga yang lebih murah dan qualitas hampir sama.


6. Dermawan Test

Bayangkan ketika anda berbelanja ada seorang dermawan yang menawarkan barang dan uang kepada anda. Apa yang akan anda pilih? Jika anda memilih uang berarti anda tidak memerlukan barang tersebut.

7. Aturan 10 sampai 15 detik

Ketika anda menginginkan suatu barang untuk dibeli. Tahan dulu 10-15 detik. Bukan berarti anda diam dulu terus beli barang pada waktu itu, tetapi waktu tersebut dipergunakan untuk menanyakan kepada diri anda apakah anda benar benar membutuhkan barang tersebut?

8. Batasi tempat dan waktu belanja

Sama seperti di nomer 5, kita buat list terlebih dahulu barang belanjaan apa saja yang harus kita beli dan toko mana saja yang harus dikunjungi, dengan membatasi tempat dan waktu belanja akan semakin membatasi anda untuk mengeluarkan uang, karena semakin banyak tempat dan waktu belanja yang di habiskan akan semakin banyak juga keperluan yang tidak terduga yang kita beli.

9. Uang ke jam

Kita misalkan dengan penghasilan anda selama satu bulan, misal 3,5 juta. Berarti setiap jamnya kurang lebih anda menghasilkan uang sebesar 5 ribu. Ketika anda ingin membeli sesuatu cobalah pikirkan kembali anda ingin membeli segelas jus yang harganya 50 ribu yang setara dengan penghasilan anda selama 10 jam. Padahal kita bisa beli jus sachetan atau membuatnya sendiri di rumah.


10. Terapkan Sistem Pajak

Ketika anda membeli suatu barang pastinya ada  pajaknya kalau tidak salah sebesar 10% nah kita terapkan pada penghasilan kita selama 1 bulan, potong penghasilan kita sebesar 10% untuk ditabung dan sisanya untuk kebutuhan kita. Atau besaran pajaknya bisa anda atur sendiri agar setiap bulannya bisa ditabung.

11. Amplopi kartu kredit atau debit anda

Cobalah masukan kartu kredit atau debit anda kedalam sebuah amplop kemudian tulis depan atau belakang amplop tersebut dengan catatan motivasi motivasi untuk menghemat atau menabung atau cara lainnya yang cocok dengan anda agar tidak terlalu banyak menggunakan kartu ini. Cara ini dimaksudkan agar anda berpikir berkali kali untuk berbelanja menggunakan kartu. Jangan sampai banyak hutang karena menggunakan kartu kredit atau kartu debit anda tandus seperti gurun pasir yang membayangkan oase.

Itulah 11 cara berhemat ketika berbelanja mudah-mudahan bermanfaat.
 
close