Facebook SDK

8 Menit Kegiatan Olahraga Untuk Anak Serta Manfaatnya
8 menit olahraga untuk anak anak

handy.my.id - Bukan menjadi sebuah rahasia lagi, anak-anak berkembang pesat dalam rutinitas dan struktur tubuh mereka.  Mereka juga membutuhkan aktivitas fisik apalagi disaat sekarang melaksanakan pembelajaran online anak anak lebih banyak beraktifitas dengan gadgetnya masing masing, atau karena lebih banyak alasan daripada yang mungkin orangtua sadari.  Pernahkah para orangtua berpikir untuk menambahkan aktivitas olahraga pagi ke dalam rutinitas anak anda?


Ya, kita tahu pagi pagi adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga, namun banyaknya kegiatan masing masing sehingga susah untuk meluangkan waktu berolahraga,  tetapi bagaimana jika kmi memberi tahu anda bahwa berkomitmen kurang dari 10 menit per hari dapat secara drastis meningkatkan fokus, perhatian, dan pembelajaran anak anda secara keseluruhan?

Mengapa Anak Harus Berolahraga

Penelitian mengatakan bahwa 60 menit aktivitas fisik sedang hingga kuat per hari optimal untuk perkembangan anak.


Manfaat Olahraga / Latihan Fisik untuk Anak

  • Membantu perkembangan motorik kasar
  • Meningkatan keseimbangan
  • Meningkatkan fleksibilitas
  • Meningkatan daya tahan
  • Mengembangkan kemampuan motorik yang lebih baik

Manfaat olahraga untuk kemampuan kognitif anak

Manfaat fisik dari olahraga memang bagus, tetapi sebenarnya manfaat kognitif dari olahraga yang membuatnya bermanfaat untuk melakukan latihan pagi bersama anak-anak anda.
  • Meningkatkan pengaturan diri
  • Mengurangi hiperaktif dan gelisah (terutama pada anak-anak dengan ADHD atau ASD)
  • Meningkatkan fokus
  • Mengurangi kecemasan & meningkatkan mood
  • Pembelajaran yang lebih baik


Pada dasarnya, olahraga secara positif memengaruhi neurotransmiter di otak (mengurangi kortisol dan adrenalin serta meningkatkan dopamin dan serotonin).

Ini meningkatkan fungsi otak yang mempertinggi kemampuan untuk memproses informasi baru (belajar) dan meningkatkan integrasi sensorik.

Jadi, jika anda akan melakukan olahraga pagi dengan anak-anak anda, itu pasti menyenangkan.

Berikut ini adalah kegiatan olahraga anak dalam 8 menit;

Atur pengatur waktu anda dengan interval 45 detik olahraga dan 15 detik istirahat dengan total 1 menit per gerakan.

Anda dan anak-anak anda harus melakukan sebanyak mungkin setiap gerakan selama 45 detik (dengan pengecualian gerakan terakhir).

Tujuan anda adalah untuk berkeringat.  Itu akan menjadi kunci untuk melihat manfaat optimal dari latihan.


1. Gerakan Kadal Berlari

Mulailah dengan posisi plank.

Anda harus meletakkan tangan (atau lengan bawah) di lantai, punggung lurus, dan menahan tubuh bagian bawah dengan jari kaki.

Anda akan "berlari" secepat mungkin, seperti kadal kecil dengan mengangkat lutut anda, satu per satu, ke lengan anda.  (Bayangkan seorang pendaki gunung)

Gerakan ini melatih seluruh tubuh, meningkatkan kekuatan inti, dan mempraktikkan koordinasi bilateral dan motorik.

2. Gerakan Monyet Memanjat

Berdiri tegak lagi dengan kaki sedikit dibuka selebar pinggul, tekuk siku sehingga tangan berada di samping bahu.

Angkat lengan kanan di atas kepala sekaligus angkat lutut kiri ke pinggul.

Kemudian, bergantian dengan menurunkan lengan dan lutut serta mengangkat lengan kiri ke atas kepala sambil juga mengangkat lutut kanan.

Untuk mengetahui seperti apa bentuknya, bayangkan cicak hanya berlari saat Anda berdiri dan menambahkan gerakan lengan, seperti pemanjat gunung yang berdiri.


Langkah ini cukup bagus dalam hal perencanaan motorik dan koordinasi bilateral timbal balik dan mungkin memerlukan beberapa latihan untuk anak anda, jadi jangan khawatir jika terlihat tidak terkoordinasi, yang penting mereka bersenang-senang.

3. Gerakan Burung Kolibri Terbang

Berdiri tegak, dengan kaki menyatu.  Regangkan lengan Anda lurus di kedua sisi anda (seperti salib).

Kemudian anda akan menggerakkan lengan anda dalam lingkaran yang sangat kecil.  Ini seperti kincir angin tetapi dengan lingkaran kecil dan rapat seperti burung kolibri yang dengan cepat menggerakkan sayapnya.

Gerakan ini bagus untuk merangsang persendian di lengan dan bahu yang memberikan masukan proprioseptif.

Reseptor masukan proprioseptif tubuh kita terletak di sendi dan tendon dan dirangsang oleh tekanan, peregangan, dan ketegangan.

Ini membantu meningkatkan kesadaran tubuh.


4. Gerakan Lompatan Kangguru

Mulailah dengan berdiri tegak, jarak kaki sedikit kurang dari selebar pinggul.

Kemudian, tekuk lutut anda hingga sekitar 45 derajat dan kemudian angkat tubuh anda, melompat di tempat setinggi mungkin.  Mendarat dengan lutut ke belakang pada sudut 45 derajat dan ulangi.

Ini terlihat mirip dengan skotjump, tetapi anda tidak akan turun serendah itu.  Anda dapat mengayunkan lengan lurus ke depan untuk membantu menjaga keseimbangan.

Gerakan ini bagus untuk membangun ketahanan dan keseimbangan.

5. Gerakan Ular Melata

Untuk merangkak ular, topang diri anda di lengan bawah dengan kaki bertumpu di tanah lurus di belakang anda.

Anda tidak boleh menggunakan kaki anda untuk menopang berat badan anda sama sekali, seperti seekor ular.

Gunakan lengan bawah anda untuk menyeret diri anda ke depan seperti merangkak tentara.

6. Gerakan Kepompong Kupu Kupu

Mulailah dengan duduk di pantat dengan lutut di depan anda.

Peluk lutut anda ke dada dan gulung ke belakang, meringkuk menjadi bola kecil.  Ini adalah kepompongmu.

Selanjutnya, anda akan mempraktekan gerakan seperti "menetas" dari kepompong anda seperti kupu-kupu dengan merentangkan tangan dan kaki anda sejauh dan selebar mungkin.

Lengan dan kaki anda harus melayang beberapa inci dari tanah, menggunakan otot perut untuk menopang diri sendiri.

Gerakan ini membantu membangun kekuatan inti dan memperbaiki postur tubuh.

7. Gerakan Tendangan Keledai

Ini adalah gerakan intensitas tinggi terakhir dalam latihan.  Mulailah dengan tangan dan lutut anda dan tendang kaki anda ke atas pada sudut 90 derajat.  Kaki pengganti berjalan secepat mungkin.

Jika anda memiliki inti dan kekuatan tubuh bagian atas untuk melakukannya dengan aman, cobalah menendang kedua kaki secara bersamaan seperti tendangan keledai, untuk sementara menopang berat badan anda dengan lengan dan otot inti.

8. Gerakan Anjing Menghadap Ke Bawah

Waktunya untuk mendinginkan diri.

Mulailah dengan tangan dan lutut anda di lantai.  Kemudian angkat lutut anda dari lantai, angkat bokong anda tinggi-tinggi di udara, dorong tumit anda ke lantai dan telapak tangan anda rata di lantai.

Anda harus melihat ke bawah agar kepala anda benar-benar menghadap kebawah

Tahan pose ini selama 45 detik, atau selama satu menit penuh, jika anda bisa.

Gerakan ini berfungsi sebagai gerakan pendinginan di akhir latihan dan posisi terbalik juga memberikan banyak masukan vestibular yang dapat membantu para pencari sensorik tetap tenang selama berjam-jam.

Bagaimana menyenangkan bukan kegiatan olahraga ini? Lakukan dengan anak anda secara rutin untuk menjaga kesehatan dan perkembangan anak anda.
Lebih baru Lebih lama
close