25 Soal PK Online PPKB GPAI

handy.my.idMenghadapi PK Online PPKB GPAI, dalam menghadapi ujian PK Online PPKB GPAI, sebaiknya mempersiapkan diri dengan belajar secara teratur dan mencoba untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan. Selain itu, penting juga untuk berlatih dengan soal-soal yang serupa dengan yang akan dihadapi dalam ujian. Siswa juga dapat mencari bahan referensi dan contoh soal yang relevan di internet atau meminta bantuan guru atau teman dalam mempersiapkan diri.

Berikut ini Contoh Soal PK Online PPKB GPAI 2023 1. Dalam Undang‐undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada : A. pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. B. pendidikan anak usia dini jalur pendidikan informal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. C. pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. D. pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah jalur pendidikan non formal saja E. pendidikan anak usia dini dasar dan menengah jalur pendidikan formal, informal dan nonformal  2. Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka : A. pembinaan karir, profesi, dan jabatannya. B. pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. C. pembinaan karir, kepangkatan, dan profesinya. D. kepangkatan, profesi dan tunjangannya. E. kepangkatan, jabatan dan tunjangannya.  3. Sistem penilaian kinerja guru adalah sebuah sistem pengelolaan kinerja berbasis guru yang didesain untuk mengevaluasi tingkatan kinerja : A. guru secara kelompok dalam rangka mencapai kinerja guru secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik. B. guru secara kelompok dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik. C. guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja guru secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik. D. guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik. E. guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas kinerja guru.  4. Berikut ini BUKAN merupakan tujuan sistem penilaian kinerja guru : A. pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja guru B. meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja guru dan sekolah C. menyediakan landasan untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru D. menyediakan dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir guru serta bentuk penghargaan lainnya E. pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan pencairan tunjangan profesi guru  5. Fungsi utama Penilaian Kinerja Guru KECUALI ... A. menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran B. menilai semua kemampuan guru dalam berbagai bidang untuk proses pembelajaran  C. membuat profil kinerja guru untuk merencanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) D. untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru E. untuk pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya  6. Dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 Tahun 2011 kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam adalah ... A. kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan leadership B. kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan manajerial C. kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan kepemimpinan D. kompetensi manajerial, kepribadian, sosial, supervisi akademik, spiritual dan leadership E. kompetensi manajerial, kepribadian, sosial, supervisi akademik, spiritual dan kepemimpinan  7. Setelah melaksanakan penilaian kinerja guru pengawas memiliki tugas melakukan evaluasi dan menyusun rencana tindak lanjut. Dalam kegiatan evaluasi pengawas melalukan analisis data hasil penilaian kinerja guru dengan langkah sebagai berikut kecuali : A. pengolahan data penilaian kinerja guru, menganalisis dan menginterpretasikan data B. identifikasi kekuatan dan kelemahan C. identifikasi penyebab munculnya kekuatan dan kelemahan D. penyusunan rekomendasi perbaikan mutu berkelanjutan E. mendokumentasikan kegiatan penilaian kinerja  8. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 yang dimaksud dengan PKB adalah ... A. pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya B. pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku C. pengembangan kompetensi guru secara bertahap, dan berkesinambungan D. pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya E. pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku  9. PKB-GPAI difokuskan untuk pengembangan keprofesian guru Pendidikan Agama Islam secara berkelanjutan yang proses dan kegiatannya dirancang untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional guru PAI di sekolah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kinerja dan pemenuhan kompetensi profesional guru PAI di sekolah yaitu meliputi : ... A. pengembangan kepribadian (PK), Kompetensi Sosial (KS), dan Kompetensi Profesional (KP) B. pengembangan keprofesionalan (PK), kompetensi religius (KR), dan kompetensi leadership(KL) C. pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PI), dan karya inovatif (KI)  D. pengembangan diri (PD), publikasi Inovatif(PI), dan karya Ilmiah(KI) E. pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PI), dan karya kreatif (KK)  10. berikut ini adalah Komponen PKB-GPAI untuk aspek pengembangan diri KECUALI A. mengikuti diklat fungsional B.melaksanakan kegiatan kolektif guru C. mengikuti bimtek metodologi pembelajaran dan penilaian D. menjadi tim penyusun soal USBN PAI E. melaksanakan kegiatan KKG dan MGMP  11. Program PKB-GPAI diarahkan untuk dapat mengembangkan kompetensi guru PAI secara berkelanjutan. Oleh karena itu, pelaksanaan PKB-GPAI harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut; KECUALI A. fokus pada keberhasilan peserta didik B. sistematis dan berkelanjutan C. pemerataan dan mandiri D. integratif dan komunitas belajar E. partisipatif dan berkeadilan  12. Kegiatan PKB-GPAI diantaranya dilaksanakan pada Forum Kerja Guru (FKG) PAI. FKG-PAI merupakan forum Guru PAI jenjang .... A. kumpulan Paud TK, SD, SMP, SMA dan SMK B. Sekolah Dasar luar biasa C. SMP dan SMA Luar biasa D. PAUD TK saja E. Sekolah Dasar saja  13. Kegiatan pengembangan diri yang mencakup diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru untuk pencapaian standar dan/atau peningkatan kompetensi profesi guru PAI pada bidang spiritual dan leadership dapat berupa ... A. kompetensi penanaman nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin (religiuos culture) di sekolah B. kompetensi inovasi dalam pembelajaran dan sistem pendidikan di Indonesia C. kompetensi melakukan penilaian pembelajaran D. penguasaan materi dan kurikulum E. penguasaan teknologi informatika dan Komunikasi (TIK)  14. Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan oleh GPAI kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan secara umum. Berikut ini adalah publikasi ilmiah dalam kategori Presentasi pada forum ilmiah yaitu: A. makalah berupa tinjauan ilmiah di bidang pendidikan formal (bimbingan, pembinaan kegiatan ekstra kurikuler, religious culture dan sebagainya) dan pembelajaran B. artikel ilmiah dalam bidang pendidikan C. sebagai pemrasaran/nara sumber pada seminar, lokakarya ilmiah, koloqium atau diskusi ilmiah D. Laporan hasil penelitian E. Modul/Diktat Pembelajaran  15. Karya inovatif merupakan karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran PAI di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Berikut ini yang termasuk karya inovatif Guru PAI adalah .... A .menyusun penelitian tindakan kelas berbasis PAI B. membuat alat peraga manasik haji C. melaksanakan lesson study PAI D. menyalin naskah khutbah jumat E. mengikuti bimtek alat peraga PAI  16. Materi pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru PAI merupakan treatment bagi guru PAI dalam rangka meningkatkan kompetensi profesinya. berikut ini adalah materi pedagogik 1: perencanaan pembelajaran, KECUALI: A. Analisis SKL, KI, KD B. Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi C. Penyusunan Silabus Satuan Pembelajaran dan RPP D. penyusunan instrumen penilaian HOTS E. penyusunan PROTA dan PROMES  17. Materi Pedogogik 2: pelatihan model pembelajaran merupakan materi pelatihan yang fokus membina dan melatih guru menggunakan model-model pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan Abad 21. Yang merupakan keterampilan abad 21 tersebut adalah .... A. Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration B. Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication C. Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration D. Critical Thinking, Communication, Creativity, dan Collaboration E. Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication  18. Perhatikan pernyataan berikut! 1. transfer satu konsep ke konsep lainnya 2. mengingat kembali apa sudah dipelajari (recall); 3. memproses dan menerapkan informasi 4. menyatakan kembali (restate); 5. mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda; 6. menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah; 7. menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang sudah dikuasai 8. merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite); 9. menelaah ide dan informasi secara kritis. Berdasarkan pernyataan di atas, dalam menyusun soal-soal HOTS kemampuan yang diukur adalah …. A. 1-2-5-7-9 B. 1-3-5-7-9 C. 1-3-5-6-9 D. 2-4-6-8-9 E. 2-5-6-7-9  19. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 mengatur tentang .... A. Standar Penilaian Pendidikan B. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah C. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah D. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013  20. Dalam penyusunan kisi-kisi soal, perlu dipertimbangkan materi yang UKRK (Urgensi, Kontinuitas, Relevansi, dan Keterpakaian). Yang dimaksud dengan kontinuitas dalam pemilihan materi adalah ... A. materi penting yang harus dikuasai peserta didik. B. Materi yang sudah diajarkan pada peserta didik.


Namun, saya ingin menekankan bahwa dalam menghadapi ujian, lebih penting untuk memahami materi dan konsep yang diajarkan daripada hanya fokus pada skor atau hasil akhir. Hal ini karena pemahaman yang baik terhadap materi akan memudahkan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, serta mempersiapkan diri untuk masa depan dengan pengetahuan yang kuat.

Berikut ini Contoh Soal PK Online PPKB GPAI 2023

1. Dalam Undang‐undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada :
A. pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
B. pendidikan anak usia dini jalur pendidikan informal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
C. pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
D. pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah jalur pendidikan non formal saja
E. pendidikan anak usia dini dasar dan menengah jalur pendidikan formal, informal dan nonformal

2. Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka :
A. pembinaan karir, profesi, dan jabatannya.
B. pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
C. pembinaan karir, kepangkatan, dan profesinya.
D. kepangkatan, profesi dan tunjangannya.
E. kepangkatan, jabatan dan tunjangannya.

3. Sistem penilaian kinerja guru adalah sebuah sistem pengelolaan kinerja berbasis guru yang didesain untuk mengevaluasi tingkatan kinerja :
A. guru secara kelompok dalam rangka mencapai kinerja guru secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik.
B. guru secara kelompok dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik.
C. guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja guru secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik.
D. guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas peserta didik.
E. guru secara individu dalam rangka mencapai kinerja sekolah secara maksimal yang berdampak pada peningkatan kualitas kinerja guru.

4. Berikut ini BUKAN merupakan tujuan sistem penilaian kinerja guru :
A. pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja guru
B. meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja guru dan sekolah
C. menyediakan landasan untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru
D. menyediakan dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir guru serta bentuk penghargaan lainnya
E. pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan pencairan tunjangan profesi guru

5. Fungsi utama Penilaian Kinerja Guru KECUALI ...
A. menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran
B. menilai semua kemampuan guru dalam berbagai bidang untuk proses pembelajaran 
C. membuat profil kinerja guru untuk merencanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
D. untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru
E. untuk pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya

6. Dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 Tahun 2011 kompetensi Guru Pendidikan
Agama Islam adalah ...
A. kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan leadership
B. kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan manajerial
C. kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan kepemimpinan
D. kompetensi manajerial, kepribadian, sosial, supervisi akademik, spiritual dan leadership
E. kompetensi manajerial, kepribadian, sosial, supervisi akademik, spiritual dan kepemimpinan

7. Setelah melaksanakan penilaian kinerja guru pengawas memiliki tugas melakukan evaluasi
dan menyusun rencana tindak lanjut. Dalam kegiatan evaluasi pengawas melalukan analisis
data hasil penilaian kinerja guru dengan langkah sebagai berikut kecuali :
A. pengolahan data penilaian kinerja guru, menganalisis dan menginterpretasikan data
B. identifikasi kekuatan dan kelemahan
C. identifikasi penyebab munculnya kekuatan dan kelemahan
D. penyusunan rekomendasi perbaikan mutu berkelanjutan
E. mendokumentasikan kegiatan penilaian kinerja

8. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 yang dimaksud dengan PKB adalah ...
A. pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya
B. pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku
C. pengembangan kompetensi guru secara bertahap, dan berkesinambungan
D. pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya
E. pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku

9. PKB-GPAI difokuskan untuk pengembangan keprofesian guru Pendidikan Agama Islam secara berkelanjutan yang proses dan kegiatannya dirancang untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional guru PAI di sekolah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kinerja dan pemenuhan kompetensi profesional guru PAI di sekolah yaitu meliputi : ...
A. pengembangan kepribadian (PK), Kompetensi Sosial (KS), dan Kompetensi Profesional (KP)
B. pengembangan keprofesionalan (PK), kompetensi religius (KR), dan kompetensi leadership(KL)
C. pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PI), dan karya inovatif (KI) 
D. pengembangan diri (PD), publikasi Inovatif(PI), dan karya Ilmiah(KI)
E. pengembangan diri (PD), publikasi ilmiah (PI), dan karya kreatif (KK)

10. berikut ini adalah Komponen PKB-GPAI untuk aspek pengembangan diri KECUALI
A. mengikuti diklat fungsional
B.melaksanakan kegiatan kolektif guru
C. mengikuti bimtek metodologi pembelajaran dan penilaian
D. menjadi tim penyusun soal USBN PAI
E. melaksanakan kegiatan KKG dan MGMP

11. Program PKB-GPAI diarahkan untuk dapat mengembangkan kompetensi guru PAI secara berkelanjutan. Oleh karena itu, pelaksanaan PKB-GPAI harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut; KECUALI
A. fokus pada keberhasilan peserta didik
B. sistematis dan berkelanjutan
C. pemerataan dan mandiri
D. integratif dan komunitas belajar
E. partisipatif dan berkeadilan

12. Kegiatan PKB-GPAI diantaranya dilaksanakan pada Forum Kerja Guru (FKG) PAI. FKG-PAI merupakan forum Guru PAI jenjang ....
A. kumpulan Paud TK, SD, SMP, SMA dan SMK
B. Sekolah Dasar luar biasa
C. SMP dan SMA Luar biasa
D. PAUD TK saja
E. Sekolah Dasar saja

13. Kegiatan pengembangan diri yang mencakup diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru
untuk pencapaian standar dan/atau peningkatan kompetensi profesi guru PAI pada bidang
spiritual dan leadership dapat berupa ...
A. kompetensi penanaman nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin (religiuos culture) di sekolah
B. kompetensi inovasi dalam pembelajaran dan sistem pendidikan di Indonesia
C. kompetensi melakukan penilaian pembelajaran
D. penguasaan materi dan kurikulum
E. penguasaan teknologi informatika dan Komunikasi (TIK)

14. Publikasi ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang telah dipublikasikan oleh GPAI kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan secara umum. Berikut ini adalah publikasi ilmiah dalam kategori Presentasi pada forum ilmiah yaitu:
A. makalah berupa tinjauan ilmiah di bidang pendidikan formal (bimbingan, pembinaan kegiatan ekstra kurikuler, religious culture dan sebagainya) dan pembelajaran
B. artikel ilmiah dalam bidang pendidikan
C. sebagai pemrasaran/nara sumber pada seminar, lokakarya ilmiah, koloqium atau diskusi ilmiah
D. Laporan hasil penelitian
E. Modul/Diktat Pembelajaran

15. Karya inovatif merupakan karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran PAI di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Berikut ini yang termasuk karya inovatif Guru PAI adalah ....
A .menyusun penelitian tindakan kelas berbasis PAI
B. membuat alat peraga manasik haji
C. melaksanakan lesson study PAI
D. menyalin naskah khutbah jumat
E. mengikuti bimtek alat peraga PAI

16. Materi pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru PAI merupakan treatment bagi
guru PAI dalam rangka meningkatkan kompetensi profesinya. berikut ini adalah materi
pedagogik 1: perencanaan pembelajaran, KECUALI:
A. Analisis SKL, KI, KD
B. Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Penyusunan Silabus Satuan Pembelajaran dan RPP
D. penyusunan instrumen penilaian HOTS
E. penyusunan PROTA dan PROMES

17. Materi Pedogogik 2: pelatihan model pembelajaran merupakan materi pelatihan yang fokus
membina dan melatih guru menggunakan model-model pembelajaran yang
mengintegrasikan keterampilan Abad 21. Yang merupakan keterampilan abad 21 tersebut
adalah ....
A. Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration
B. Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication
C. Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration
D. Critical Thinking, Communication, Creativity, dan Collaboration
E. Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication

18. Perhatikan pernyataan berikut!
1. transfer satu konsep ke konsep lainnya
2. mengingat kembali apa sudah dipelajari (recall);
3. memproses dan menerapkan informasi
4. menyatakan kembali (restate);
5. mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda;
6. menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah;
7. menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang sudah dikuasai
8. merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite);
9. menelaah ide dan informasi secara kritis.
Berdasarkan pernyataan di atas, dalam menyusun soal-soal HOTS kemampuan yang diukur
adalah ….
A. 1-2-5-7-9
B. 1-3-5-7-9
C. 1-3-5-6-9
D. 2-4-6-8-9
E. 2-5-6-7-9

19. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 mengatur tentang ....
A. Standar Penilaian Pendidikan
B. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
C. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
D. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013

20. Dalam penyusunan kisi-kisi soal, perlu dipertimbangkan materi yang UKRK (Urgensi,
Kontinuitas, Relevansi, dan Keterpakaian). Yang dimaksud dengan kontinuitas dalam
pemilihan materi adalah ...
A. materi penting yang harus dikuasai peserta didik.
B. Materi yang sudah diajarkan pada peserta didik.
C. materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
D. materi yang diperlukan untuk memahami materi pelajaran lain.
E. materi sebagai pendalaman dari materi sebelumnya.

21. Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang dimplementasikan dalam Gerakan
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan kristalisasi dari filosofi pendidikan
karakter Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai karakter yang sudah ada (18 nilai karakter) serta
kearifan lokal, menjadi 5 (lima) nilai utama. Kelima nilai utama karakter tersebut adalah ....
A. Religius, demokratis, jujur, mandiri, dan integritas
B. Religius, jujur, nasionalis, gotong royong, dan integritas.
C. Religius, jujur, demokratis, gotong-royong, dan integritas
D. Religius, mandiri, demokratis, gotong-royong, dan integritas
E. Religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas

22. Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah),
membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan
teknik yang sesuai dan menganalisis data/informasi, merumuskan simpulan (menjawab
pertanyaan), dan menerapkan/menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai
....
A. inquiry/discovery learning
B. problem-based learning
C. cooperative learning
D. project-based learning
E. product-based learning

23. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan
(1) Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
(2) Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
(3) Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.
(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik
(5) kemampuan belajar motorik seperti melempar, menggulirkan, memiringkan dsb. 
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (2), (4) dan (5)

24. Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah ....
A. penilaian tertulis
B. penilaian produk
C. penilaian praktik
D. penilaian projek
E. penilaian Lesan

25. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah ....
A. Hasil observasi oleh pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan informasi penunjang.
B. Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian sikap oleh satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi.
C. Catatan hal-hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan perilaku negatif ditindaklanjuti dengan pembinaan.
D. Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain: pertama, mengamati perilaku peserta didik; kedua, mendokumentasikan perilaku peserta didik; dan ketiga, menindaklanjuti hasil pengamatan.
E. penilaian diri meskipun hanya sebagai informasi penunjang dapat membantu siswa menumbuhkan motivasi diri

Demikian 25 Contoh Soal PK Online PPKN GPAI ini mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih.
Lebih baru Lebih lama